Pendidikan

Inovasi Mahasiswa Polinema Hadir di Agro-Technovision 2021

Senin, 02 Agustus 2021 - 21:14
Inovasi Mahasiswa Polinema Hadir di Agro-Technovision 2021 Inovasi mahasiswa Polinema hadir di Agro-Technovision 2021. (Foto: Dok. Polinema)

TIMES JATIM, MALANG – Tim PKM-PM “Go Soya” Polinema mengikuti pameran Agro-Technovision 2021 yang diselenggarakan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Timur pada 23-25 Juni 2021 di Kantor BPTP Jawa Timur.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Keanekaragaman Hayati, Hari Tempe Nasional dan Hari Krida Pertanian. Ada beberapa kegiatan dalam Agro-Technovision ini yaitu Expo Inovasi Teknologi Badan Litbang Pertanian, Expo Tempe & Hasil Olahan Tempe se-Jawa Timur, dan Lomba Video Inovasi Tempe Aneka Kacang.

Tim PKM-PM Go Soya ini terdiri dari 5 mahasiswa yaitu Salamatul Hifdiyah (D-IV Teknik Jaringan Telekomunikasi Digital), Rizki Bagus Maulana (D-III Teknik Kimia), Prasasti Valentina Gustama (D-III Teknik Kimia) Syayyidah Fatimatuz Zahro (D-IV Teknologi Kimia Industri), Lia Ujung Tri Utami (D-IV Manajemen Pemasaran) yang dibimbing oleh Ir. Sri Rulianah, M.Pd.

“Berawal dari permasalahan limbah di Kampung Sanan, kami mencetuskan program “Go Soya” untuk menuntaskan persoalan limbah dan sebagai program pemberdayaan ibu-ibu PKK Kampung Sanan,” ujar Salamatul Hifdiyah, Ketua Tim Go Soya.

Polinema-Agro-Technovision-2.jpg

Go Soya memanfaatkan, mengolah dan mereduksi limbah padat maupun limbah cair tempe menjadi berbagai olahan produk Rainbow Tempe Ketawa berupa nugget, pudding, macaroon dan brownies.

“Tim kami terpilih untuk mempresentasikan inovasi olahan limbah kulit kedelai di hadapan Walikota Malang dan para pejabat di Jawa Timur. Produk kami juga mendapat testimoni dari Kepala BPTP Jawa Timur. Saya berharap Go Soya bermanfaat bagi Kampung Sanan dan bisa dikomersialkan sehingga limbah kulit kedelai dapat bernilai jual tinggi dan membantu perekonomian masyarakat Kampung Sanan,” katanya.

“Tim Go Soya sangat gigih dan ketika di Sanan disambut luar biasa oleh Tim Penggerak PKK yang membawahi sentra industri Sanan yang mengharapkan limbah padat kulit kedelai bisa dimanfaatkan menjadi produk olahan yang bergizi,” kata Ir. Sri Rulianah, M.Pd.

Pembimbing Go Soya ini menambahkan tim penggerak PKK antusias sebagai mitra bagi mahasiswa untuk mengembangkan produk olahan  makanan dari kulit kedelai menjadi makanan bergizi dan bernilai jual lebih tinggi.

Mahasiswa diarahkan untuk memproduksi makanan sesuai dengan GMP (Good Manufacturing Practice) yaitu cara produksi makanan yang aman untuk dikonsumsi masyarakat sehingga dalam prosesnya mengutamakan kehigienisan.

Polinema-Agro-Technovision-3.jpg

“Inovasi mahasiswa menggunakan bahan alami dan diharapkan kedepannya menjadi produk organik dan dapat dikomersialkan secara luas,” ujarnya.

Pengurus paguyuban Sentra Produksi Tempe dan Keripik Tempe Sanan yang juga salah satu Peremuan Inspiratif Kota Malang, Dra. Trinel Sriwahyuni, mengatakan ada 600 pengrajin tempe dan keripik tempe di Kampung Sanan sehingga limbahnya sangat melimpah.

Selama ini, olahan limbah dimanfaatkan untuk pakan sapi dari kulit dan air rebusan kedelai. Kotoran sapi tersebut dimanfaatkan sebagai biogas di dua RT untuk penerangan dan untuk memasak kedelai.

“Kami butuh kerjasama dengan akademisi, Alhamdulillah tim PKM–PM Politeknik Negeri Malang hadir di Kampung Sanan sebagai mitra untuk inovasi pengolahan limbah kulit kedelai yang tentunya memberikan wawasan bagi kami,” katanya.

Tim Go Soya mendapatkan kesempatan untuk melakukan presentasi kepada pengrajin tempe dan keripik tempe di Promkopti Bangkit Usaha Kampung Sanan pada tanggal 28 Juni 2021.

“Saya berharap kerjasama dengan Polinema dapat tetap dilanjutkan dengan inovasi-inovasi baru yang dapat dikembangkan. Kami sebagai mitra akan siap menyambut dengan senang dan bekerja sama dengan Polinema,” pungkasnya. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.