Pendidikan

Mahasiswa Universitas Gresik Beri Edukasi Pentingnya Legalitas Usaha Bagi UMKM

Jumat, 05 Agustus 2022 - 22:21
Mahasiswa Universitas Gresik Beri Edukasi Pentingnya Legalitas Usaha Bagi UMKM Mahasiswa KKN Kelompok 01 Desa Ambeng-ambeng Watangrejo berfoto usai sosialisasi pentingnya legalitas dan pembukuan bagi pelaku UMKM (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMES JATIM, GRESIK – Mahasiswa Universitas Gresik yang tengah menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Ambeng Ambeng Watangrejo, Kecamatan Duduksampeyan, membantu pelaku UMKM berdaya. 

Para mahasiswa semester akhir ini menggelar kegiatan sosialisasi pengembngan UMKM pasca pandemi Covid-19 dengan narasumber dosen Fakultas Ekonomi Ungres, Firdaus Indrajaya serta Eny Setyowati dari Diskoperindag.

Dalam kesempatan ini, Eny menyatakan pemerintah daerah terus berupaya membantu UMKM agar berdaya. Salah satunya kemudahan perizinan serta akses permodalan di bank daerah 

KKN-Kelompok-01-Desa-Ambeng-b.jpg

"Karena banyak para UMKM yang masih asing akan pengetahuan tentang legalitas usaha, manajemen strategi, manajemen pemasaran, permodalan dan pembukuan penjualan. Untuk itu menggelar sosialisasi ini," katanya, Jumat (5/8/2022).

Kegiatan ini, kata Eni sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM Desa Ambeng Ambeng Watangrejo. Apalagi, mereka belum banyak tahu soal kemudahan akses untuk mengembangkan usaha.

"Ini agar mendapatkan pengetahuan sehingga ke depanya kami harapkan para UMKM bisa semakin mengerti dan dapat mengembangkan usahanya," ujarnya. 

Menurut data UMKM Desa Watangrejo memiliki 6 RT dan setiap RT ada kurang lebih 10 umkm. Pelaku UMKM seluruhnya diundang. Ada 48 peserta yang berpartisipasi.

Sementara itu, pemateri kedua Firdaus Indrajaya menambahkan legalitas usaha pelaku UMKM ini sangat penting. Salah satunya bisa meningkatkan penjualan.

Selain itu, pelaku UMKM harus mengetahui arus kas pemasukan dan pengeluaran usaha yang mereka jalankan. Hal ini penting untuk menghitung laba rugi.

"Kami juga memberikan pengetahuan tentang permodalan kepada para UMKM karena modal usaha bisa berasal dari pribadi, bank serta investor," jelas dosen Universitas Gresik ini.

Salah satu pelaku UMKM, Siti Mari’ah mengungkapkan sangat terbantu dalam kegiatan ini. Sebelumnya, dia merasa bingung tentang pembukuan dan harus mengurus tentang legalitas usaha.

"Setelah diberikan pengarahan dan penjelasan mengenai pembukuan dan legalitas ternyata penting," ungkapnya menanggapi mahasiswa Universitas Gresik dampingi UMKM dapatkan legalitas perizinan. (*)

Pewarta : Akmalul Azmi
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.