Olahraga

Persik Kediri Segera Cari Pemain Asing Asia Tenggara

Selasa, 30 Mei 2023 - 10:08
Persik Kediri Segera Cari Pemain Asing Asia Tenggara Pemain Asing Persik Kediri Simen Lyngbo (kiri) (Foto: yobby/Times Indonesia)

TIMES JATIM, KEDIRI – Musim depan, Liga 1 akan melihat penambahan jumlah pemain asing yang berlaga di kompetisi tersebut. Sesuai dengan aturan baru yang diberlakukan mulai musim 2023/2024, kuota pemain asing untuk setiap klub meningkat menjadi 6 orang. Komposisi tersebut terdiri dari lima pemain asing bebas dan satu pemain dari Asia Tenggara, sesuai dengan peraturan Asian Football Confederation (AFC).

Persik Kediri, salah satu klub yang menyambut aturan baru ini dengan antusias, segera bergerak mencari tambahan pemain asing untuk menggenapi kuota tersebut. Tim Macan Putih berhasil mendatangkan Pedro Paulo dari Brasil dan Simen Lyngbo dari Filipina.

Kapten Persik Kediri, Arthur Irawan, menyatakan bahwa penambahan pemain asing akan membuat persaingan dalam memperebutkan tempat di skuad utama semakin ketat di semua klub. Meskipun demikian, hal ini juga akan mendorong para pemain lokal untuk tampil dengan performa terbaik mereka. Arthur mengatakan, "Ini bukanlah hal yang buruk karena akan mendorong kita untuk bekerja lebih keras."

Arthur menambahkan bahwa kehadiran pemain asing, baik di lapangan maupun dalam kompetisi Liga 1, diharapkan dapat menjadi contoh bagi pemain lokal. Regulasi 5+1 ini diharapkan juga akan membantu klub-klub Liga 1 yang mewakili Indonesia dalam ajang AFC Champions League atau AFC Cup di masa depan.

Simen Lyngbo, salah satu pemain asing baru Persik Kediri, menganggap bahwa kehadiran pemain asing, terutama dari kawasan Asia Tenggara, akan semakin meningkatkan reputasi Liga 1 Indonesia di tingkat regional, khususnya di Asia Tenggara. Jika semua klub memenuhi kuota pemain asing, setidaknya akan ada 18 pemain yang berasal dari kawasan Asia Tenggara. Keberadaan para pemain tersebut akan menarik minat para pecinta sepak bola di Asia Tenggara untuk mengikuti Liga 1.

Simen Lyngbo sendiri merupakan pemain asal Filipina kedua yang bergabung dengan Persik Kediri. Sebelumnya, pada musim 2021/2022, Persik Kediri telah mendatangkan Marwin Angeles.

"Pemain-pemain dari Asia Tenggara akan menarik penonton dari Malaysia, Filipina, Thailand untuk menyaksikan Liga 1. Hal ini juga akan meningkatkan minat para pecinta sepak bola di Asia untuk menonton Liga Indonesia," tambah Lyngbo.

Sebelumnya, Persik Kediri telah memiliki duo pemain asal Brasil, yakni Renan Silva dan Anderson do Nascimento, serta Rohit Chand dari Nepal dan Flavio Silva dari Portugal. Dengan tambahan pemain asing baru ini, Persik Kediri berharap dapat tampil lebih kuat dan bersaing di Liga 1 musim mendatang.(*)

Pewarta : Yobby Lonard Antama Putra
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.