Olahraga

Mengenal Drum Corps, Cabang Lomba FORDA JATIM 2023

Minggu, 28 Mei 2023 - 17:00
Mengenal Drum Corps, Cabang Lomba FORDA JATIM 2023 Penampilan Drum Corps: Colour Guards dari peserta FORDA JATIM 2023, Minggu (28/05/2023). (FOTO: Ullil Amri/ TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Istilah Drum Corps masih jarang diketahui masyarakat awam. Sebenarnya Drum Corps ialah penyebutan lain dari Marching Band atau Drum Band. Drum Corps merupakan salah satu cabang lomba yang diselenggarakan KORMI dan IDCA dalam FORDA JATIM ke - 1 pada hari Minggu (28/05/2023) di Lapangan Tennis Cakrawala Universitas Negeri Malang.  

Drum Corps sendiri memiliki tiga bagian utama, yaitu Percussion (alat pukul), Brass (alat tiup), dan Colour guards. Bagian yang dilombakan dalam FORDA JATIM ini ialah Colour guards. Colour guards sendiri merupakan komponen dalam Drum Corps yang menampilkan efek visual untuk pertunjukkan. Para pemain colour guards ini ialah orang-orang yang menari indah mengikuti alunan musik yang disenandungkan. 

Properti yang selalu dipakai di colour guards ialah bendera, rifel (senapan), dan siber (pedang). Bisa juga ditambahkan properti penunjang lain mulai dari kostum, make up, dan aksesoris. 

Dalam pagelaran FORDA JATIM, para peserta lomba Drum Corps: colour guards menampilkan tarian dengan tema beserta alur ceritanya yang runtun. Salah satunya peserta FORDA JATIM kontingen JEMBER, Arkan menampilkan colour guards dengan tema "Spirit Of Papua", bercerita tentang keindahan alam papua dan kekayaan yang dimilikinya. 

"Saya mulai ikut Drum Corps dari SD dan sudah pernah masuk ketiga bagiannya. Menurut saya, colour guard ini 'istimewa' banget. Kalau masuk ke colour guards, kita harus bener-bener niat dan semangat. Karena di sini kita harus menguasai technical, body movement, dan juga ekspresi kita harus senatural mungkin," jelas Arkan tentang colour guards.

Selain itu, ketua umum Indonesia Drum Corps Association (IDCA) Jawa Timur, Wahyu Tri Hartanto menyebutkan bahwa peserta perlombaan Drun Corps FORDA JATIM yang pertama ini merupakan embrio awal, cikal bakal masa kejayaan Drum Corps di Indonesia. Semua itu karena para peserta sudah berani memulai untuk mencetak sejarah Drum Corps Indonesia.

Drum-Corps-2.jpgFoto para atlit Drum Corps bersama panitia dari KORMI dan IDCA, Minggu (28/05/2023). (FOTO: Ullil Amri/ TIMES Indonesia)

Berikut adalah para pemenang FORDA JATIM KE-1 dalam cabang lomba Drum Corps.

Individual Performance

Emas: IDCA Kabupaten Malang 

Perak: IDCA Jember

Perunggu: IDCA Kota Malang

Grup Performance

Emas: IDCA Sidoarjo

Perak: IDCA Kota Malang

Perunggu: IDCA Kabupaten Malang

Pewarta : TIMES Magang 2024
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.