Olahraga

Forda 1 Jatim 2023, Pelestari Budaya dan Olahraga Tradisional Hingga Penguat Ekonomi

Minggu, 28 Mei 2023 - 09:00
Forda 1 Jatim 2023, Pelestari Budaya dan Olahraga Tradisional Hingga Penguat Ekonomi Pembukaan Forda 1 Jatim 2023 yang berlangsung di Gedung Graha Cakrawala UM, Sabtu (27/5/2023) malam. (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, bersama Wali Kota Malang, Drs H Sutiaji, Ketua KORMI Nasional Hayono Isman, Ketua KORMI Jawa Timur Hudiyono, dan beberapa pejabat lainnya resmi membuka gelaran Festival Olahraga Masyarakat Daerah 1 Jawa Timur (FORDA 1 Jatim) 2023, di Gedung Graha Cakrawala, Universitas Negeri Malang (UM), Sabtu (27/5/2023) malam.

Dalam sambutannya, Gubernur menyampaikan, dengan adanya FORDA 1 Jatim ini, pemerintah ingin tradisi dan budaya, serta permainan tradisional yang ada di Jawa Timur ini bisa rawat dan ditumbuh kembangkan dengan baik. Pihaknya pun meminta, baik kepada pejabat maupun ada pegiat olahraga, untuk bisa terus mengenalkan olahraga tradisional yang ada.

"Terus mengenalkan berbagai jenis olahraga, tradisi, dan kekayaan budaya, dimana dimungkinkan maka kenalkan, sosialisasikan, dan kembangkan," ucapnya.

Pihaknya mengaku mempunyai kekhawatiran, apabila permainan dan olahraga tradisional ini tidak di lestarikan dengan baik, maka seiring berjalannya waktu, maka tradisi ini akan punah, dan hanya akan tinggal dalam dokumen sejarah yang ada di Jawa Timur.

Forda-1-Jatim-2.jpg

"Kalau tidak sosialisasikan, dikenalkan, dan tumbuh kembangkan, saya kawatir anak cucu kita hanya akan melihat pada dokumen perjalanan, dan tidak pernah memainkan permainan tradisional yang pernah ada dan pernah dimiliki oleh daerah ini," tuturnya.

Untuk itu, FORDA 1 Jatim 2023 ini menurutnya adalah momen untuk menghidupkan kembali memori masyarakat terhadap permainan dan olahraga tradisional di Indonesia, agar lestari, dan tetap eksis sampai kapanpun.

"Hari ini adalah hari dimana kita memanggil memori masyarakat Jawa Timur, bahwa ada permainan tradisional, bahwa ada olahraga tradisional, dan olahraga yang bersifat rekreatif, yang bisa menyehatkan, membahagiakan, dan membangun sportivitas," pungkas Khofifah.

Di tempat yang sama, Wali Kota Malang, Drs H Sutiaji menyampaikan ribuan terima kasih atas kepercayaan penyelenggara FORDA 1 Jatim yang telah memilih Kota Malang sebagai tuan rumah. Menurutnya, ada banyak manfaat yang didapatkan oleh Kota Malang dengan adanya gelaran Forda ini. 

"Paling tidak, jika ada mobilitas orang datang, maka pertumbuhan ekonomi juga terus bergerak," ucapnya.

Forda-1-Jatim-3.jpg

Pihaknya pun berharap, sebagai tuan rumah, dia bisa menyukseskan segala hal yang ada di dalam FORDA 1 Jatim ini. Mulai dari pelaksanaan, prestasi, hingga sukses ekonomi sebagai dampak dari banyaknya pegiat olahraga yang datang ke Kota Malang.

"Jangan pernah melihat event itu hanya satu sisi, justru ini mobilisasi masyarakat, sehingga di situ terjadi hilirisasi, pasti butuh tempat tinggal, makan, jajan, sehingga ada perputaran ekonomi. Ini yang saya kira akan jadi kekuatan kita semua," ujarnya. 

Pihaknya mengaku, meski pemerintah harus menggelontorkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk menyiapkan gelaran FORDA 1 Jatim ini, namun ada dampak besar yang diterima oleh Kota Malang atas hal ini.

"Mungkin kita mengeluarkan APBD, tapi lebih dari itu, karena ada pengenalan, yang belum ke Malang jadi ke Malang. Ini yang perlu kita kuatkan," kata dia.

Wali Kota Malang berharap, dengan adanya FORDA 1 Jatim ini, selain untuk melestarikan dan budaya dan permainan tradisional, juga sebagai momentum untuk kembali menggerakkan roda ekonomi dari kunjungan wisatawan yang masuk ke Kota pendidikan ini. "Semoga hal ini bisa menjadi penguat ekonomi Kota Malang," pungkas Sutiaji.(*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.