https://jatim.times.co.id/
News Commerce

Atlet Paralayang Kota Batu Incar Jawara Seri Keempat IPAC

Kamis, 04 Juli 2024 - 23:19
Atlet Paralayang Kota Batu Incar Jawara Seri Keempat IPAC Batu International Sport Tourism Festival (BISTF) Paragliding Accuracy League 2024, International Paragliding Accuracy Championship (IPAC) 4th Series yang dibuka hari ini. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BATU – Sukses pada seri ke-2 dan 3 International Paragliding Accuracy Champhionship (IPAC), para atlet paralayang Kota Batu yang memperkuat tim Jawa Timur mengincar jawara event ketepatan mendarat skala internasional.

Banyak pihak memprediksikan Naufal Hammam Cs akan kembali meraih medali dan mengantarkan tim Jatim menjadi juara umum seri keempat.

Sebelumnya Naufal Hammam dan Galuh Ade Pristanto meraih juara 1 kategori beregu. Galuh Ade juga mempersembahkan medali perak dari  kategori u-26 dan overall. Sementara Susana Dwi Cahyani meraih juara 3 kategori female. 

BISTF-2.jpg

Batu International Sport Tourism Festival (BISTF) Paragliding Accuracy League 2024, International Paragliding Accuracy Championship (IPAC) 4th Series yang dibuka hari ini (4/7/2024) bakal berlangsung sengit. 

Pasalnya 62 atlet dari tiga negara akan mengeluarkan semua kemampuannya dalam even yang dilaksanakan hingga nanti 7 Juli 2024.

Ketua Pengurus Provinsi (FASI) Paralayang Jatim, Arif Eko Wahyudi berharap dengan adanya gelaran IPAC seri 4 ini, Indonesia dapat meraih peringkat 5 atau 4 dunia. 

BISTF-3.jpg

“Saat ini Indonesia menduduki peringkat 6 dunia. Sedangkan di tingkat Asia Pasifik, Indonesia berada di nomor urut 2,” kata Arif.

Sementara itu Danlanud Abdurrahman Saleh Malang, Marsma TNI Firman Wirayuda, yang juga merupakan Ketua Umum FASI Provinsi Jatim, mengatakan, selain menargetkan peningkatan peringkat Indonesia, diharapkan kejuaraan ini dapat mengembangkan potensi pariwisata Kota Batu serta menarik minat atlet-atlet muda untuk ikut berpartisipasi di kejuaraan-kejuaraan berikutnya. 

”Paralayang merupakan cabang olahraga dirgantara yang membutuhkan keterampilan dan memiliki risiko tinggi, sehingga keselamatan adalah prioritas utama dalam melaksanakan pertandingan ini,” ujar Firman.

Hal senada dikemukakan oleh Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai. Ia berharap event seperti ini dapat rutin digelar di Kota Batu dengan melibatkan lebih banyak atlet dan negara peserta, sehingga sektor pariwisata di Kota Batu bisa semakin berkembang dan lebih dikenal di tingkat internasional. 

“Event paralayang tingkat internasional di Kota Batu ini akan menjadi daya tarik wisatawan untuk berwisata ke Kota Batu,” ujarnya.

Pembukaan ini ditandai dengan pemukulan gendang diiringi pertunjukan seni tari dan bantengan, acara ini juga dimeriahkan dengan aksi dari para atlet aero sport yang menampilkan atraksi gantole dan paralayang akrobatik. 

Selain itu juga ada paralayang tandem dengan penyandang disabilitas, serta atraksi atlet paralayang dengan kursi roda dan kano untuk menunjukkan bahwa paralayang adalah olahraga udara yang bisa dinikmati oleh siapa saja dan dari kalangan mana saja. (*)

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.