News Commerce

Salon Mobil WAXXAuto Hadirkan Peralatan Modern untuk Kepuasaan Konsumen

Sabtu, 19 Juni 2021 - 16:48
Salon Mobil WAXXAuto Hadirkan Peralatan Modern untuk Kepuasaan Konsumen Mobil mewah yang menjalani proses pembersihan. (Foto: Dok. WAXXAuto for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANGSalon mobil menjadi peluang bisnis yang menjanjikan di Malang. Meski harus bersaing dengan beberapa usaha salon mobil yang lain. Seperti salon mobil milik Dicky Ardiansyah bernama WAXXAuto yang mampu bersaing dan menjadi salah satu salon mobil ternama di Malang.

Bermula pada tahun 2019 lalu, Dicky bersama kedua temannya merintis usaha salon mobil dengan modal seadanya. Awalnya, usaha salon mobil ini bertempat di sebuah showroom mobil di Jalan S. Priadi, Kota Malang.

"Dulu pinjam tempat di showroom mobil teman. Sistemnya bagi hasil, jadi pemilik tempat itu 30 persen dan sisanya kami bertiga. Itu berjalan sekitar satu tahunan," ujar Dicky kepada TIMES Indonesia, Sabtu (19/6/2021).

Pria lulusan SMK tersebut mengungkapkan, awal target per bulan harus bisa mengumpulkan sekitar 20 mobil, ternyata masih belum bisa terpenuhi di tahun pertamanya.

"Dulu sebulan itu masih sekitaran 10 mobil saja yang kita kerjakan. Tapi ya kita terus melakukan promosi dari mulut ke mulut dan membangun relasi dengan baik," ungkapnya.

Dicky bercerita, setelah itu, satu dari ketiga orang tersebut memilih keluar karena memang harus berpindah tempat ke Banyuwangi. Kawan itu yang sebenarnya memberikan seluruh modal alat untuk membangun salon mobil WAXXAuto tersebut.

Setelah itu, Dicky mengembalikan seluruh modal temannya dan memegang penuh usaha salon mobil tersebut yang dibantu oleh satu temannya.

"Kita dulu bertiga itu. Setelah aku pegang, ya satu temanku jadi karyawan dan aku nambah karyawan lagi. Sembari tetap aku juga ikut ngerjakan," katanya.

Selang setahun, setelah modal dan usaha diambil alih Dicky, dirinya pun berpindah tempat di Raya Langsep, Jalan Kecapi No. 1, Kota Malang dengan tujuan untuk bisa mengembangkan usahanya dengan capaian target yang telah ditentukan.

WAXXAuto.jpgSalah satu mobil yang telah dipercantik di WAXXAuto. (Foto: Dok. WAXXAuto for TIMES Indonesia)

"Aku pindah tempat, karena ingin punya lokasi sendiri, dikelola sendiri dan buar bisa lebih maju lagi," imbuhnya.

Ternyata dengan tujuan dan kegigihannya, memang benar. Dari awal yang hanya bisa memoles sekitar 10 mobil per bulan. Saat ini usahanya pun bisa memoles sekitar 20an lebih mobil perbulan. Dari situ artinya dalam kurun waktu yang terbilang cukup singkat, dirinya dapat mencapi target 100 persen.

"Dengan capaian ini memang luar biasa. Kan satu mobil pengerjaan full paket itu bisa sampai dua harian. Itu meliputi interior, eksterior dan engine. Dengan capaian ini saya tetap optimis bisa lebih lagi menyaingin beberapa salon mobil ternama di Malang," jelasnya.

Proses yang cukup berkesan, kata Dicky, dari awal usaha yang hanya menggunakan alat-alat seadanya. Saat ini sudah bisa menggunakan alat yang memang benar-benar proporsional dan memuaskan para pelanggan dengan hasilnya.

"Sekarang pakai vakum khusus besar untuk menyedot air di dalam mobil hingga debu. Lalu mesin poles bertambah dua, alat coating lampu dan beberapa alat lainnya juga," tuturnya.

Dengan range harga dikisaran Rp 600 ribu hingga Rp 1 jutaan, menurut Dicky masih relatif terjangkau dan efisien. Hal itu pun juga disesuaikan dengan penambahan karyawan dan membuka peluang kerja.

"Karena ada niat untuk mengembangkan usaha dan kualitas, kita juga melakukan pemasaran yang masif. Jadi saya pikir juga pasti bisa bersaing dengan salon mobil lain. Terpenting pertahankan kualitas dan attitude untuk menjaga pelanggan agar tak sungkan kembali lagi," ucapnya mengenai kiat menjaga pelanggan WAXXAuto tidak pindah ke salon mobil yang lain. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.