Berita

Kementerian PUPR RI Lengkapi Prasarana Sarana dan Utilitas Umum 643 Unit Perumahan Subsidi di Kalsel

Senin, 01 Agustus 2022 - 21:02
Kementerian PUPR RI Lengkapi Prasarana Sarana dan Utilitas Umum 643 Unit Perumahan Subsidi di Kalsel Ilustrasi pembangunan perumahan subsidi di Kalsel (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES JATIM, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) dalam mendorong kepemilikan hunian layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tidak hanya menyediakan rumah bersubsidi, tetapi juga melengkapi lingkungan perumahan melalui pembangunan prasarana sarana dan utilitas umum (PSU).

Pada Tahun Anggaran 2022, target penyaluran bantuan PSU rumah subsidi sebanyak 20.500 unit tersebar di 33 provinsi.

“Program ini merupakan bentuk nyata keseriusan pemerintah untuk mewujudkan cita-cita terpenuhinya kebutuhan rumah bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama rumah terjangkau layak huni dan berkualitas bagi MBR,” kata Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono.

Kementerian-PUPR-2.jpg

Penyaluran bantuan PSU tahun 2022 salah satunya di Kalimantan Selatan berupa jalan lingkungan, drainase, sistem penyediaan air minum dan prasarana dan sarana persampahan agar manfaatnya langsung dapat dirasakan masyarakat serta mewujudkan lingkungan yang nyaman, sehat dan hunian bersubsidi yang berkualitas.

Pelaksanaan bantuan PSU dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri PUPR Nomor 03/PRT/M/2018 tentang Perubahan Peraturan Menteri PUPR Nomor 38/PRT/M/2015 tentang Bantuan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum untuk Perumahan Umum.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR RI, Iwan Suprijanto mengatakan pembangunan rumah bersubsidi dan dukungan pembangunan PSU adalah upaya pemerintah mensukseskan Program Sejuta Rumah untuk mengurangi angka backlog perumahan di Indonesia khususnya di Kalimantan Selatan.

“Kami ingin rumah bersubsidi di daerah juga memiliki kualitas jalan lingkungan yang baik. Masyarakat bisa tinggal di rumah bersubsidi yang layak dan terjangkau,” kata Iwan Suprijanto.

Kementerian-PUPR-3.jpg

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Kalimantan II Hujurat mengatakan bantuan PSU rumah bersubsidi di Kalimantan Selatan sebanyak 643 unit yang diterima oleh 10 pengembang perumahan subsidi di lima kabupaten/kota.

Adapun sebaran lokasinya adalah Perumahan Antasari Bintang Residence Tahap 3 (50 unit) dan Ibti Semanda Residence (50 unit) di Kota Banjarmasin serta Perumahan Griya Anisah Permai III (133 unit) dan Antasari Garden 2 (50 unit) di  Kabupaten Barito Kuala.

Selanjutnya di Kabupaten Balangan mencakup Perumahan Rizky Balangan Residence Tahap 3 (50 unit) dan Balai Pangeran Residence (50 unit), Kabupaten Tabalong di Perumahan Linda Regency 10 (91 unit) dan Perumahan Linda Regency 8 sebanyak (59 unit) dan Kabupaten Kotabaru di Perumahan Grand Ar Raudah 7 (50 unit) dan Bamega Town House (60 unit).

“Pembangunan prasarana sarana dan utilitas umum ini diperuntukkan bagi 643 unit rumah dan menggunakan anggaran APBN senilai Rp4,43 miliar. Kami harap para pengembang bisa lebih bersemangat dalam membangun rumah bersubsidi,” kata Kepala Balai P2P Kalimantan II Kementerian PUPR RI Hujurat. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.