https://jatim.times.co.id/
Hukum dan Kriminal

6 Bulan Kasus Berjalan, Polresta Sidoarjo Segera Beri Kepastian Hukum Kasus Agitha Cahyani

Selasa, 26 Oktober 2021 - 15:29
6 Bulan Kasus Berjalan, Polresta Sidoarjo Segera Beri Kepastian Hukum Kasus Agitha Cahyani Gatot Hariono, Kasi Tindak Pidana Umum Kejari Sidoarjo

TIMES JATIM, SIDOARJO – Kepala Polresta Sidoarjo, Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro menegaskan jika hasil autopsi terhadap Agitha Cahyani (14) tidak ada unsur kekerasan terhadap tubuh korban.

"Sementara hasil autopsi terhadap tubuh korban (Agitha Cahyani red) tidak ada unsur kekerasan, secepatnya akan kami beri kepastian hukum," tegas Kombes Pol Kusumo.

Ditanya apakah kasus ini dihentikan atau di SP3 kan, Kapolresta menegaskan jika pihaknya akan lakukan gelar perkara terkait kepastian hukum kasus Agitha ini.

"Akan kami gelar perkarakan bersama penyidik kami, secepatnya akan kami beri kepastian hukum, senin lah akan kami berikan jawabanya. Intinya hasil autopsi tidak ada kekerasan pada tubuh Agitha Cahyani," jelasnya.

Lebih lanjut, Kapolresta menegaskan jika permintaan hasil autopsi yang diminta oleh kedua pihak (pelapor dan terlapor,red) tidak bisa dipenuhi karena merupakan rangkaian penyelidikan dalam kasus ini.

"Hasil autopsi tidak bisa kita berikan kepada mereka, karena itu merupakan rangkaian penyelidikan kami dalam mengunggkap kasus kejahatan, hanya kalangan penyidik yang tau, tidak untuk diberikan ke pengacara dan lainnya (yang tidak berhak red). Kita pun juga sudah memberitahu terkait perkembangan penyelidikan kasus ini kepihak pelapor," ungkapnya.

Sementara itu, Kejaksaan Negeri Sidoarjo hanya menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) kasus kematian Agitha Cahyani yang sempat viral di media sosial 6 bulan lalu dari Penyidik Satreskrim Polresta Sidoarjo.

SPDP tersebut dikirim penyidik reskrim pada bulan April lalu, tetapi hingga saat ini pihak Pidana Umum (Pidum) Kejari Sidoarjo belum menerima berkas lanjutan kasus itu.

"SPDP kasus Agitha Cahyani memang sudah kami terima dari penyidik Satreskrim Polresta Sidoarjo. Hingga saat ini hanya SPDP yang kami terima, untuk berkas lainnya atas kasus tersebut belum kami terima," kata Gatot Hariono, Kasi Tindak Pidana Umum (Kasi Pidum ) Kejari Sidoarjo saat dihubungi jurnalis, Selasa (26/10/2021).

Perlu diketahui kasus ini bermula ketika adanya pembongkaran makam almarhum Agitha Cahyani Putri di komplek pemakaman Praloyo yang dilakukan berdasarkan permintaan dari sang ibu kandungnya Ny. Erlita Dewi yang merasa janggal dengan kematian anaknya.

Pembongkaran dilakukan tertutup oleh petugas kepolisian bersama petugas forensik RSUD Sidoarjo pada pada 2 April 2021 lalu.

Erlita yang tinggal di Kendari, Sulawesi Tenggara ini ketika itu sempat bercerita bahwa dia sudah sekitar tiga tahun tidak bertemu dengan putrinya. Dia bercerai dengan suaminya, dan empat anaknya diasuh oleh sang suami yang selama ini tinggal di Sidoarjo.

Saat mendapat kabar bahwa putri sulungnya meninggal dunia, dia tidak bisa langsung ke Sidoarjo.

Karena tidak dapat tiket, Erlita baru bisa terbang ke Sidoarjo hari Minggu. Dia memang berpesan agar jenazah tidak dimakamkan sebelum dirinya tiba di Sidoarjo.

Sebelum putrinya dimakamkan, dia sempat membuka kain kafannya. Dia mengaku melihat ada beberapa kejanggalan. Seperti ada darah di hidung jenazah anaknya, ada memar di dekat hidung sebelah kiri, serta bekas memar di pipi kiri.

Selain itu, dalam gambar yang sempat diunggahnya di media sosial, ada darah di belakang kepala putrinya. Dari situ, Erlita memutuskan melapor ke Polresta Sidoarjo.

Berdasar laporan dari Erlita itulah, polisi bergerak melakukan penyelidikan. Termasuk melakukan pembongkaran makam dan autopsi jenazah Agitha.

Enam bulan berlalu, bahkan sudah hampir tujuh bulan hasil autopsi Agitha Cahyani (14) tak kunjung keluar. Keluarga pun mempertanyakannya.

Sebelumnya, petugas Polresta Sidoarjo bersama tim forensik membongkar makam Agitha Cahyani di TPU Delta Praloyo Sidoarjo pada 2 April 2021 lalu.

Pewarta : Rudi Mulya
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.