Hukum dan Kriminal

Densus 88 Geledah Rumah Terduga Teroris di Dupak Surabaya

Rabu, 24 Mei 2023 - 19:10
Densus 88 Geledah Rumah Terduga Teroris di Dupak Surabaya Ilustrasi Densus 88. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYA – Tim Detasemen Khusus atau Densus 88 Anti Teror Polri dikabarakan menggeledah rumah terduga teroris di Dupak, Krembangan, Surabaya, Rabu (24/5/2023) siang.

Rumah itu adalah milik Y (48) dan keluarganya. Warga sekitar menyebut, sejumlah petugas datang sejak pukul 09.00 WIB hingga sekitar pukul 12.30 WIB. 

Wakil RW setempat, Gandhi Setyo Purnowo mengatakan, saat penggeledahan tadi, tim Densus 88 menyita sejumlah buku dan kardus milik Y.

“Yang dibawa banyak, saya enggak tahu spesifik. Tapi banyak ada beberapa item. Buku-buku, senjata enggak ada,” kata Gandhi. 

Menurut Gandhi rumah itu ditempati oleh ayah, ibu, istri dan dua anak Y. Tapi Y sendiri hanya sesekali terlihat di kediamannya.

“Orangnya enggak pernah ada di rumah. Saya enam tahunan enggak pernah ketemu. Hanya say hello,” ujarnya.

Gandhi mengatakan, Y juga jarang bersosialisasi dengan warga sekitar. Terakhir mereka bertemu, sekitar sebulan yang lalu.

Dalam sebuah perbincanangan, kata Gandhi, Y juga kerap mengajak warga sekitar untuk berdebat masalah agama. 

“Ujung-ujungnya memecah. Saya udah curiga. Unsurnya memecah-belah masalah jihad, apa,” kata dia.

Dulu, seingat Gandhi warganya itu pernah memiliki toko plastik. Namun, dia tak tahu apa pekerjaan Y sekarang, usai tokonya itu tutup.

Sementara itu, ditemui usai penggeledahan, orang tua Y, yakni H dan S mengaku anaknya itu terakhir kali berada di rumah pada 12 Mei 2023 lalu.

Anaknya itu sempat berpamitan berangkat kerja ke Solo, Jawa Tengah. Namun ia tak tahu pasti apa pekerjaan yang dilakoni Y.

“Tanggal 12 [Mei] di rumah. Enggak, enggak tahu kerja (apa). Terus pamit kerja lagi. Pamit kerja di Solo,” singkat M. 

Hingga kini, belum ada keterangan pihak kepolisian perihal penggeledahan rumah terduga teroris di Dupak, Krembangan, Surabaya. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.