Hukum dan Kriminal

Kronologi Mahasiswi UM Jadi Korban Percobaan Pemerkosaan

Kamis, 01 Juni 2023 - 17:43
Kronologi Mahasiswi UM Jadi Korban Percobaan Pemerkosaan Lokasi Universitas Negeri Malang (UM). (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Aksi percobaan pemerkosaan oleh orang tak dikenal menimpa salah satu mahasiswi UM (Universitas Negeri Malang). Peristiwa itu terjadi pada Senin (29/5/2023) dini hari di lahan kosong dekat Mal Malang Town Square (Matos) Jalan Veteran, Kota Malang.

Kepala Sub Direktorat Kesejahteraan, Kewirausahaan, Karir dan Alumni UM, Subur Hariono mengaku telah menerima laporan tersebut dari mahasiswi yang menjadi korban.

Korban sendiri merupakan mahasiswi Fakultas Matematika dan  Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) UM angkatan 2019 asal Pati, Jawa Tengah.

Ia menceritakan kronologi bagaimana mahasiswi tersebut menjadi korban aksi percobaan pemerkosaan oleh orang tak dikenal.

Korban yang menjadi panitia wisuda UM, awalnya hendak merias diri (make up) di kampus dan berangkat berjalan kaki dari rumah kosnya di Jalan Bendungan Riam Kanan menuju kampus sekitar pukul 03.00 WIB.

Dalam perjalanan, korban mendengarkan musik melalui earphone agar merasa nyaman, karena kondisi jalan masih sepi dan gelap.

Kemudian, ada seorang laki-laki tak dikenal tiba-tiba muncul dengan mengendarai sepeda motor dan menyapa korban yang sedang berjalan.

"Mahasiswi UM ya? Iya. Oh sama. Mau ke kampus? Iya. Oh sama. Ayo bareng aja saya juga mau ke kampus," ujar Subur menirukan keterangan korban, Kamis (1/6/2023).

Kala itu, korban berpikir bahwa laki-laki itu memang mahasiswa UM dan memang serius menawari dia tumpangan. Akhirnya, korban mau menerima tawaran dan mereka kemudian mengarah ke kampus UM melalui gerbang Jalan Ambarawa. Namun, ternyata gerbang tersebut masih ditutup.

Kemudian, laki-laki tersebut mengajak korban untuk memutar arah dan mengarah ke simpang empat kampus Institut Teknologi Nasional (ITN), lalu mengarah ke Jalan Veteran untuk menuju gerbang utama di Jalan Veteran.

Namun, bukannya ke arah gerbang utama UM di Jalan Veteran, laki-laki tersebut malah mengarahkan kendaraan yang tengah ditumpangi oleh korban ke kawasan Jalan Bogor dan belok ke Jalan Cianjur memutari Taman Makam Pahlawan (TMP) Untung Suropati.

Saat menyadari ada yang aneh, korban menegur laki-laki tersebut dan meminta untuk dibelikan ke arah gerbang UM. Namun, laki-laki itu berpura-pura lupa belok dan menyampaikan akan kembali ke jalur yang benar dengan memutari kawasan TMP.

"Setelah keluar TMP, dia (pelaku) justru melawan arus Jalan Veteran dan mengarah ke lahan kosong samping parkiran Matos," ungkapnya.

"Setelah masuk situ (lahan kosong), sepeda dihentikan dan ada indikasi mau melakukan pemerkosaan. Korban didorong-dorong sama si laki-laki tersebut," sambungnya.

Korban pun saat itu mencoba mengamankan diri dengan melawan aksi percobaan pemerkosaan yang dilakukan oleh laki-laki tak dikenal tersebut. Laki-laki itu bahkan juga sempat menarik jilbab korban hingga lepas.

"Jilbabnya ditarik-tarik sama laki-lakinya. Setelah itu, dia teriak teriak minta tolong. Dari itu berdatangan orang, salah satunya satpam Matos. Akhirnya dikejar sama satpam, tapi dia (pelaku) lolos," ujarnya.

Setelah itu, korban dibantu untuk masuk ke kampus UM. Korban tetap menjadi panitia wisuda UM hingga acara selesai. Setelah itu, ia melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian dan kasus kini tengah ditangani.

"Kami mengapresiasi keberanian anak ini (mahasiswi UM yang menjadi korban) mau mengungkap kasus ini. Harapannya supaya tidak terjadi lagi atau sebagai rambu-rambu bagi yang lain agar hati-hati," tandasnya.

Terpisah, Kasatreskrim Polresta Malang Kota, Kompol Bayu Febrianto Prayoga membenarkan adanya laporan percobaan pemerkosaan tersebut.

Saat ini, pihak Satreskrim Polresta Malang Kota tengah melakukan penyelidikan atas peristiwa tersebut.

"Korban sudah membuat laporan dan sudah kami terima laporannya," kata Bayu.

Ia menambahkan, pihaknya telah memulai pendalaman atas kasus yang telah dilaporkan.

"Kami masih melakukan penyelidikan dan pendalaman. Untuk update perkembangan, akan kami sampaikan nanti," ujarnya. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.