Hukum dan Kriminal

Polisi Beberkan Penyebab Terbunuhnya Ketua MUI Labura

Rabu, 28 Juli 2021 - 12:58
Polisi Beberkan Penyebab Terbunuhnya Ketua MUI Labura Ilustrasi - pembacokan Ketua MUI Labura. (FOTO: Ilustrasi)

TIMES JATIM, JAKARTAPolres Labuhanbatu menangkap pelaku pembacokan Ketua MUI Labura, Aminnur Rasyid Aruan. Menurut keterangan kepolisian, pembacokan tersebut diduga berawal dari pelaku yakni Suprianto, yang tak terima ditegur oleh korban.

"Korban menyampaikan kepada pelaku agar jangan lagi mencuri sawit di kebun miliknya. Pelaku ini memang merupakan pegawai dari korban di kebun tersebut," ujar Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan kepada wartawan dikutip Rabu (28/7/2021).

Pelaku yang sakit hati karena ditegur lalu membacok Aminnur hingga tewas. "Pelaku sudah menyiapkan alat, berupa klewang, yang dibawa pelaku dari rumah dia untuk menganiaya korban," jelasnya.

"Dari informasi awal yang kita terima, ya betul korban merasa sudah berulang kali kehilangan buah sawit. Namun ini nanti masih kita dalami," katanya.

Sebelumnya, Ketua MUI Labura Aminnur Rasyid Aruan tewas dibacok saat sedang berkendara. Video yang menunjukkan kondisi jasad Aminnur usai pembacokan tersebut pun viral di media sosial.

Peristiwa tersebut terjadi di Gunting Saga pada Selasa (27/7/2021) sore kemarin, sekitar pukul 18.00 WIB. Akibat serangan tersebut, tubuhnya sampai terperosok ke dalam parit dalam posisi bersujud. Selain itu, pergelangan tangan korban putus.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas, mengutuk keras tindakan pembunuhan sadis tersebut.

“MUI mengutuk dengan keras tindakan pembunuhan terhadap Ketua MUI Labura, Aminurrasyid Aruan yang telah dilakukan oleh si pelaku secara sadis. Ini jelas-jelas merupakan sebuah tindakan yang sangat tidak terpuji dan sangat terkutuk,” ujarnya dalam keterangannya.

MUI meminta pihak kepolisian untuk dapat sesegera mungkin membongkar motif dari pembunuhan ini. "Memprosesnya untuk diseret ke pengadilan bagi dijatuhi hukuman yang seadil-adilnya yang setimpal dan sepadan dengan tindakan yang telah dilakukannya tersebut,” ujar soal pembacokan Ketua MUI Labura. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.