Hukum dan Kriminal

Oknum Penjual Oksigen Nakal Kembali Dirungkus, Kali Ini Oleh Kejari Surabaya

Rabu, 28 Juli 2021 - 16:12
Oknum Penjual Oksigen Nakal Kembali Dirungkus, Kali Ini Oleh Kejari Surabaya Kejari Surabaya saat ungkap kasus penjual oksigen mahal. (Foto: Kejari Surabaya)

TIMES JATIM, SURABAYA – Beberapa petugas baik dari Polrestabes Surabaya maupun Polda Jatim telah mengamankan penjual oksigen nakal yang menjual oksigen dengan harga selangit. Penjual oksigen nakal kembali dibungkus, kali ini oleh Kejaksaan Negeri Surabaya.

Penjual tabung oksigen nakal tersebut yakni A (19). A  berperan sebagai kurir tabung oksigen berisi 1 m3, ia ditangkap di kawasan Sukomanunggal.

Kepala Kejari Surabaya Anton Delianto menjelaskan, pelaku A mengaku sebagai pegawai perusahaan yang bergerak bidang penjualan alat-alat kesehatan (alkes) di kawasan Mulyosari. Kaya Anton, A menjual tabung oksigen dengan harga Rp 4,5 juta per tabungnya.

“Kalau yang lengkap (regulator dan troli tabung oksigen) seharga Rp 6,5 juta,” tutur Anton, di kantor Kejari Surabaya, Selasa (27/7/2021).

Kata Anton, pihaknya menurunkan tim intelijen untuk melakukan penyelidikan. Tim kemudian melakukan undercover buy dua unit tabung oksigen dan akhirnya berhasil mengamankan pelaku.

“Saat diamankan, pelaku kooperatif. Kita juga mengamankan barang bukti berupa dua buah tabung oksigen seharga Rp 11 juta,” kata Anton.

Lebih lanjut Anton menerangkan, usai penangkapan pihaknya langsung berkoordinasi dengan Polrestabes Surabaya. Saat ini penjual oksigen nakal tersebut telah diserahkan ke Satreskrim Polrestabes Surabaya untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut. “Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kejari Surabaya sesuai perintah Jaksa Agung RI untuk mendukung PPKM level 4 untuk melakukan penindakan terhadap setiap orang yang berusaha menimbun, mempermainkan harga, dan menghambat distribusi obat-obatan dan alat kesehatan terkait penanganan Covid-19,” terangnya.(*)

Pewarta : Khusnul Hasana (MG-242)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.