Hukum dan Kriminal

Polres Jember Tetapkan Dua Tersangka Kasus Korupsi Rehabilitasi Pasar Balung Kulon

Selasa, 27 Juli 2021 - 19:59
Polres Jember Tetapkan Dua Tersangka Kasus Korupsi Rehabilitasi Pasar Balung Kulon Kasat Reskrim AKP Komang Yogi Arya Wiguna. (Foto: Humas Polres Jember for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JEMBERPolres Jember berhasil mengungkap kasus dugaan tindak pidana korupsi pekerjaan konstruksi fisik Pasar Balung Kulon pada kegiatan rehabilitasi sedang/berat di Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Jember Tahun Anggaran 2019. 

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin melalui Kasat Reskrim AKP Komang Yogi Arya Wiguna, Selasa (28/7/2021) mengatakan pihaknya pada hari ini telah menetapkan dua tersangka dengan inisial JN dan DS. 

"Keduanya dijerat dengan dugaan tindak pidana korupsi dan merugikan negara sebesar Rp 1,8 miliar. Sesuai hasil audit BPKP Pemprov Jatim, dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan kontruksi kegiatan fisik Pasar Balung Kulon tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," katanya dalam keterangan pers yang diterima TIMES Indonesia.

Peran kedua tersangka ini, lanjut Komang, di antaranya diduga melakukan pemalsuan dokumen penawaran dan juga pekerjaan fiktif.

"Pada pengadaan material maupun proses pekerjaan yang seharusnya nilainya rendah menjadi tinggi. Ada dugaan markup juga," terangnya. 

Dijelaskan Komang, Unit Tipidkor Satreskrim Polres Jember menangani perkara ini berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/A/255/XI/RES.3.5/2020/Reskrim, tanggal 13 November 2020. 

Sejauh ini tim penyidik telah memeriksa sedikitnya 38 saksi untuk dimintai keterangan seputar kasus dugaan korupsi tersebut.  

Penyidik juga telah meminta keterangan saksi ahli kontruksi, saksi ahli pidana korupsi, saksi ahli LKPP dan saksi ahli perhitungan kerugian negara dari BPKP. 

"Selain itu, kami juga telah melakukan serangkaian tindakan penggeledahan dan penyitaan barang bukti," tambahnya. 

Atas penetapan tersangka ini, pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap Tersangka pada Kamis (29/7/2021) di Ruang Unit II Tipidkor Satreskrim Polres Jember. 

Dalam kasus ini, Tersangka dijerat Pasal 2 Ayat (1) dan Pasal 3 UU RI No. 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU RI No. 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU RI No. 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 Jo Pasal 56 KUHP. 

"Ancaman hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun dan denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 miliar," tutupnya.

Sebagai diketahui, Polres Jember berhasil mengungkap kasus dugaan tindak pidana korupsi pekerjaan konstruksi fisik Pasar Balung Kulon pada kegiatan rehabilitasi sedang/berat di Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Jember Tahun Anggaran 2019. (*)

Pewarta : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.