Gaya Hidup

Udang Segar Kunci Sajian Sedap, Begini Cara Memilihnya

Rabu, 24 Februari 2021 - 03:32
47.03k
Udang Segar Kunci Sajian Sedap, Begini Cara Memilihnya Udang segar. (FOTO: Hero Supermarket)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Udang merupakan sumber protein hewani yang banyak disukai. Ada beberapa jenis udang, yaitu udang laut, udang tambak atau hasil budidaya serta udang sungai. Apapun jenis udangnya, Anda harus jeli dalam memilih udang segar

Sebab udang segar merupakan kunci sajian udang Anda enak mantap sedap. Memilih udang segar sebenarnya bukanlah perkara yang mudah. Berbeda dengan ikan, yang bisa dilihat dari matanya. Perlu ketelitian untuk memilih udang segar. 

Berikut tips memilih udang segar

1. Kenali baunya

udang.jpgFOTO: gimlifish.com

Udang punya bau khas. Anda dapat mencium udang yang hendak dibeli. Jika ada aroma tidak sedap, sebaiknya ANda tidak memilih udang tersebut. Udang laut adalah udang yang paling mudah dikenali dari baunya. Udang laut segar punya aroma laut yang segar. 

2. Perhatikan cangkangnya

udang.-2.jpgFOTO: Shuttertock

Tips selanjutnya adalah memperhatikan cangkang udang. Udang segar punya cangkang yang keras (tidak lembek). Anda dapat merabanya dengan ujung jari. Tekan sedikit, rasakan apakah cangkang tersebut masih keras atau lembek.

Selain keras dan lembeknya cangkang, biasanya cangkang udang segar juga berwarna bening. Cangkang yang berisi cairan berwarna menandakan uadng sudah tidak segar.

3. Kepala udang

udang3.jpgFOTO: resepkoki.id

Kepala udang tidak terlepas dari badannya merupakan ciri udang segar. Jadi pilih udang yang lengkap beserta kepalanya ya. Oiya, pilih juga udang yang kepalanya berwarna bening ya. Kepala udang yang berwarna merah atau sedikit orens, menandakan isi kepala udang sudah pecah, nah itu juga sebaiknya tidak dipilih. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.