Gaya Hidup

Rahasia Umur Panjang Pakar Nutrisi Jepang, Menghindari Makanan Berikut

Minggu, 21 Mei 2023 - 02:07
Rahasia Umur Panjang Pakar Nutrisi Jepang, Menghindari Makanan Berikut Pasangan senior Jepang. (FOTO: Marcela Ruty Romero/Freepik)

TIMES JATIM, JAKARTA – Michiko Tomioka seorang pakar nutrisi atau ahli gizi dari Jepang menceritakan pengalamannya melalui CNBC mengenai rahasia umur panjang para penduduk Negeri Sakura tersebut. Menurutnya para penduduk lokal banyak yang menghindari beberpa makanan dan lebih memilih makanan tertentu. 

Jepang dikenal sebagai negara yang memiliki tingkat rata-rata tertinggi kemampuan bertahan hidup hingga umur tua. Negara ini saat ini memiliki 15 persen total dari seluruh populasi yang berusia di atas 75 tahun. 

Menurut Michiko hal ini dikarenakan para penduduk lansia  memberikan prioritas pada makanan yang baik bagi kesehatan dan memeberikan sifat melangsungkan umur panjang. Dirinya juga memberikan rahasia beberapa makanan yang jarang disentuh para lansia ini. Beberapa berhubungan dengan gula. 

6 Makanan Modern yng Jarang Dikonsumsi Penduduk Lansia Jepang

1. Hot dog

Daging olahan seperti hot dog mengandung garam dan lemak jenuh yang tinggi, yang dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker. Sebagai alternatif, ahli gizi ini menyarankan tahu dan bola nasi gandum dengan isian tuna yang dilapisi rumput laut. Makanan ini mengandung protein dan mineral penting.

2. Hamburger dan makanan cepat saji

Hamburger dan makanan cepat saji seringkali mengandung garam, lemak trans, dan lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL. Membuat daging ha sendiri dengan sedikit gara dan bumbu yang diletakkan di atas bola nasi merah dengan tambahan edamame bisa menjadi pilihan yang sehat.

3. Minuman bersoda dengan kadar gula tinggi

Konsumsi rutin minuman bersoda yang mengandung gula dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Pemanis buatan pada minuman diet juga dapat memiliki efek negatif. Michiko menyebutkan minuman segar dan rendah kalori seperti teh hijau, seperti matcha es atau hojicha (yang mengandung kafein lebih sedikit) bagus untuk kesehatan.

4. Sereal tinggi kandungan gula

Sereal sarapan dengan tambahan gula dapat menyebabkan masalah tekanan darah tinggi, naiknya berat badan, peradangan, dan meningkatkan risiko diabetes. Beberapa makanan berbahan kedelai seperti tempe, nato, dan senejnisnya bisa mnejadi pilihan tepat untuk sarapan, tentunya tidak digoreng atau dicampur dengan terlalu banyak bumbu. 

5. Cheese Cream

Meskipun produk olahan susu dapat menjadi sumber kalsium dan protein yang baik, cheese krim seringkali mengandung kolesterol tinggi dan kandungan protein yang lebih rendah. Selai buah tanpa tambahan gula lebih disarankan dikonsumsi sebagai penggantinya. 

6. Permen

Tidak semua permen buruk bagi kesehatan. Dark chocolate misalnya diketahui dapat mengandung antioksidan yang melawan penyakit. Namun, mengonsumsi terlalu banyak permen yang mengandung gula dan tepung jagung dapat berdampak buruk pada kesehatan jantung dan otak. 

Sebagai alternatif, jika anda menginginkan makanan manis, puding pisang dan coklat hitam dengan tambahan madu bisa menjadi pengganti yang cocok. Tentu saja, memakan sepotong kecil kue bersama teman pada acara istimewa juga diperbolehkan.

Michiko juga menjelaskan bahwa pilihan makanan yang dikonsumsinya merupakan makanan yang kaya nutrisi dan minim proses. Dikatakannya, hal ini merupakan kunci umur panjang penduduk Jepang. (*)

Pewarta : Khodijah Siti
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.