Gaya Hidup

Tips Cegah Mesin Motor Mogok Saat Musim Hujan

Senin, 25 Januari 2021 - 05:23
Tips Cegah Mesin Motor Mogok Saat Musim Hujan Ilustrasi sepeda motor. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JEMBER – Curah hujan yang cukup tinggi di sejumlah daerah di Indonesia menyebabkan genangan air atau banjir di beberapa ruas jalan. Bagi pengendara kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor, hal ini menjadi masalah tersendiri. Pengendara sepeda motor yang mencoba melintasi genangan air atau banjir akan terhenti di tengah jalan alias mengalami mesin motor mogok.

Untuk menghindari motor mogok di musim hujan, simak tips berikut ini yang dirangkum dari PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance):

1. Pastikan Air Tidak Merendam Filter Udara

Filter udara pada motor berfungsi menyaring kotoran agar tidak masuk ke mesin. Apabila terendam banjir, filter udara ini bisa rusak dan bisa mengakibatkan motor mogok. Jadi jika ketinggian air melebihi filter, carilah jalan alternatif lainnya. Dan pastikan usai melintasi banjir, ada baiknya segera mengganti filter udara.

2. Perhatikan Kondisi Busi

Busi bermasalah bisa mengakibatkan motor mogok. Perhatikan kondisi busi usai melintasi hujan. Pastikan bagian dalam kop busi dalam kondisi kering. Lapisi busi dengan grease untuk mencegah air masuk ke pengapian.

3. Cek Kabel Kelistrikan Hingga Karburator

Untuk menghindari mogok, cek kabel dan kelistrikan hingga karburator dan pastikan dalam keadaan yang baik. Jika sempat terendam air banjir, segera bersihkan karburator dari sisa air dan bawa ke bengkel untuk bisa dilakukan pengecekan.

Jika terlanjur mesin motor mogok, segera bawa sepeda motor kesayangan Anda ke bengkel motor terdekat agar langsung mendapatkan penanganan. (*)

Pewarta : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.