Gaya Hidup

Mampu Turunkan Kolesterol hingga Jaga Kesehatan Jantung, Ini Khasiat Kacang Merah

Rabu, 27 Januari 2021 - 05:22
13.86k
Mampu Turunkan Kolesterol hingga Jaga Kesehatan Jantung, Ini Khasiat Kacang Merah kacang merah. (FOTO: klikdokter.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKacang Merah salah satu jenis kacang yang banyak diolah menjadi makanan yang nikmat. Kacang merah punya bentuk yang lebih besar dibanding dengan kacang lainnya. Seperti namanya, kacang ini juga berwarna merah.  

Kacang merah berasal dari Asia Timur dan Hilamaya. Ada tiga jenis kacang merah, yaitu kacang adzuki, kacang merah besar, dan kacang merah kecil. 

Banyak nutrisi yang dikandung kacang merah. Seperti protein tinggi, asam lemak omega-3, serat, vitamin C, K, dan B kompleks. Mineral yang ada dalam kacang merah di antaranya seng, zat besi, magnesium, kalsium, potasium, dan tembaga.

Dari kandungan tersebut, kacang merah punya banyak manfaat untuk tubuh. Apa saja ya? 

1. Jaga gula darah

Kandungan karbohidrat dan protein yang seimbang membuat kacang merah cocok untuk penderita diabetes karena mampu menjaga kadar gula darah di tingkat normal.

2. Turunkan berat badan

Serat yang tinggi dan berbagai nutrisi membuat kacang merah cocok dijadikan menu diet karena mencegah kita makan berlebihan dan membuat simpanan energi lebih lama.

3. Turunkan kolesterol

Kombinasi asam lemak omega-3, serat larut, saponin, dan fitosterol adalah kombinasi yang dibutuhkan pemilik kadar kolesterol dan lipid tinggi. Kacang merah membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik sehingga bagus buat kesehatan jantung.

4. Melawan kanker

Isoflavon dan fitosterol adalah kandungan dalam kacang merah yang terkait turunnya risiko produksi sel-sel kanker. Sering makan kacang merah pun bisa mencegah kanker.

5. Jaga pencernaan

Serat larut dalam kacang merah adalah kunci pencernaan sehat. Pergerakan makanan di usus pun menjadi lancar, begitu pula dengan penyerapan nutrisi. Serat dalam kacang merah juga mencegah sembelit, diare, dan masalah pencernaan lain termasuk kanker usus besar.

6. Bersihkan racun tubuh

Kacang merah mengandung molibdenum yang jarang ditemui pada makanan lain. Mineral ini diperlukan untuk membuang racun dan menjaga fungsi hati.

7. Jaga kesehatan jantung

Potasium, magnesium, dan serat larut adalah kombinasi untuk jantung sehat. Potasium berperan sebagai vasodilator pengurang tekanan pada pembuluh darah dan magnesium membantu mengatur pergerakan otot jantung. Sementara serat larut dalam kacang merah bertugas mengontrol kadar kolesterol yang mengurangi risiko stroke dan penyumbatan pembuluh darah. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.