https://jatim.times.co.id/
Gaya Hidup

Selamat, Duta Wisata Banyuwangi Menangi Kontes Raki Jatim 2021

Rabu, 27 Oktober 2021 - 19:32
Selamat, Duta Wisata Banyuwangi Menangi Kontes Raki Jatim 2021 Suasana grand final Raka Raki Provinsi Jawa Timur (Foto: Disbudpar Banyuwangi for TIMES Indonesia).

TIMES JATIM, BANYUWANGIDuta Wisata asal Kabupaten Banyuwangi kembali mengukir prestasi menggembirakan. Pada kontestasi Raka Raki Provinsi Jawa Timur kali ini, putri daerah dari Banyuwangi berhasil meraih juara Raki Jatim 2021.

Dialah Firsta Yufi Amarta, peserta termuda yang masih berusia 20 tahun. Sang juara ini, kini masih duduk di bangku kuliah Fisip Sikologi Universitas Brawijaya. Meski paling muda, pribadinya memiliki daya saing tinggi, jadi tak heran gelar juara disabet pada ajang bergengsi yang digelar di Shangri-La Hotel, Surabaya, Rabu (27/10/2021).

Sebelum dinobatkan sebagai pemenang, Firsta terlebih dahulu melewati penjaringan yang ketat melalui tahapan-tahapan penting dimulai sejak 1 Juli 2021 lalu.

Di malam puncak grand final Raka Raki 2021, hanya menyisakan 34 finalis, kemudian mereka beradu pengetahuan tentanf kasus kebangkitan wisata. Setelah itu yang terbaik berhak melaju ke babak 10 dan 5 besar selanjutnya.

grand final Raka Raki jatim a

Top 5 besar pertama Raka Jatim 2021 diraih oleh Raka Kabupaten Malang, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pasuruan, Kota Malang, dan Kabupaten Jember. Sedangkan Top 5 besar Raki Jatim 2021 diraih oleh Raki Kota Surabaya, Kabupaten Malang, Kabupaten Sumenep, Kota Malang, dan Kabupaten Banyuwangi.

Dari hasil 10 dan 5 besar Raka Raki ini, Kemudian penghargaan tertinggi diberikan kepada Raka Kabupaten Jember, Zainal Abidin dan Raki Kabupaten Banyuwangi, Firsta Yufi Amarta.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memberikan apresiasi kepada para finalis Raka Raki 2021, dia berharap, keberadaan Raka Raki bukan sekedar sebagai duta wisata belaka, namun lebih optimal jika ditambah dengan kapasitas ekonomi kreatif.

"Tadi saya minta mereka ini kan duta wisata, saya minta ditambah pariwisata dan ekonomi kreatif. Karena kalau sudah digitalisasi informasi sudah pasti nyambung itu nyekrup antara pariwisata dan ekonomi kreatif. Mereka bukan hanya duta wisata tapi duta wisata dan ekonomi kreatif," cetus Khofifah  terkait kontestasi Raka Raki Provinsi Jawa Timur 2021.(*)

Pewarta : Hafid Nurhabibi (MG-311)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.