Gaya Hidup

Buat Pecinta Wisata Kuliner, Ini Sejumlah Tips Agar Tubuh Tetap Langsing

Senin, 25 Oktober 2021 - 02:27
Buat Pecinta Wisata Kuliner, Ini Sejumlah Tips Agar Tubuh Tetap Langsing Ilustrasi tubuh langsing. (Foto: Freepik/diana.grytsku)

TIMES JATIM, SURABAYAWisata kuliner adalah hobi yang paling menyenangkan, selain bisa mecoba menu baru di suatu tempat, wisata kuliner juga membuat kita bisa menjajali berbagai macam rasa disetiap tempat yang kita kunjungi.

Namun, tentu bagi sebagian orang hal  tersebut mengkhawatirkan, karena takut akan kelibihan berat badan jika makan sembarangan dan seenaknya. Tetapi buat kamu para pecinta wisata kuliner, sebetulnya tak perlu mengkhawatirkan hal ini, karena ada beberapa cara agar kamu tetap langsing meski suka wisata kuliner.

Di kutip dari KlikDokter.com, ada beberapa cara atau tips yang bisa kamu lakukan agar tubuhmu tetap langsing walaupun kamu adalah pecinta wisata kuliner, yuk simak tipsnya.

1. Perhatikan Gizi Seimbang

Ingin tahu rahasia makan banyak tapi tetap kurus? Tetap perhatikan keseimbangan gizi pada makanan yang dikonsumsi. Jika hendak berwisata kuliner, ini menjadi salah satu hal penting untuk kamu perhatikan.Jika kamu sudah mengonsumsi makanan kaya protein hari ini, jangan lupakan buah dan sayuran.

2. Buatlah Jadwal untuk Makan

Agar tubuhmu tetap langsing meski suka berwisata kuliner, kamu juga perlu untuk membuat jadwal makan. Hindarilah makan di luar jam makan. Apalagi ngemil yang tidak sehat. Perlu kamu ketahui, cara agar tetap langsing walaupun makan banyak adalah dengan menghindari makan camilan di sela-sela jam makan.

3. Hindari Porsi Besar

Ya tentu saja, ketika berwisata kuliner kita ingin sekali mencicipi berbagai jenis makanan, nah ketika kamu ingin mencoba beberapa jenis makanan di waktu bersamaan, sebaiknya pilihlah porsi kecil atau bagi porsi dengan partner kamu. Ini dapat membantu kamu yang hobi makan tapi ingin tetap kurus untuk menjaga asupan kalori agar tidak berlebih.

4. Tingkatkan Konsumsi Serat

Kita telah mengerahui bahwa makanan berserat akan membuat kita kenyang lebih lama, makanan berserat tentu untuk menghindari rasa lapar saat disela-sela jam makan. Jadi sebisa mungkin saat berwisata kulner kamu juga harus mengonsumsi makanan tinggi serat.

5. Hindari Karbohidrat Sederhana

Mengapa karbohidrat sederhana tidak baik untuk kesehatan? Karbohidrat sederhana hanya terdiri dari satu (monosakarida) atau dua molekul gula (disakarida). Karena bentuknya yang sederhana, gula jenis ini sangat cepat dicerna. Setelah karbohidrat sederhana ini dimakan, kadar gula akan naik dengan cepat. Usahakan setiap kali Anda makan ada unsur karbohidrat (roti gandum, kentang).

6. Hindari Makanan yang Diolah dengan Cara Digoreng

Hindari makanan dengan kandungan lemak yang tinggi, seperti makanan yang digoreng. Walaupun terasa lezat, makanan dengan kandungan minyak yang tinggi tidak baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

7. Pilihlah Cemilan Sehat

Jika kamu sedang ingin ngemil, pilihlah buah-buahan segar sebagai kudapan. Dengan cara ini, kamu dapat melakukan wisata kuliner pada jam makan besar.

8. Aktif Bergerak

Kita tau banyak bergerak akan membakar kalori dalam tubuh. Sehingga jika kamu hobi makan tapi ingin tetap kurus, banyak-banyaklah bergerak. 

9. Berolahraga Rutin

Selain menyehatkan, tentunya olahraga rutin bisa membakar kalori dalam tubuh, sehingga kalori yang sudah masuk dalam tubuh pun akan terbakar dan kamu dapat mempertahankan berat badan. Tidak hanya saat berwisata kuliner, olahraga juga sebaiknya dilakukan secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

10. Pilih Olahraga yang Tepat untuk Membakar Kalori

Apa jenis olahraga yang disarankan untuk Anda, pencinta kuliner? Anda dapat mencoba olahraga jenis aerobik, seperti berlari, joging, atau berenang.

Olahraga aerobik membakar kalori dan dapat mempertahankan berat badan Anda agar tetap stabil. Anda dapat berolahraga selama 30 menit sebanyak 3-4 kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Nah itu tadi tips badan tetap kurus meski suka berwisata kuliner. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir mengalami kenaikan berat badan saat wisata kuliner. Pastikan kamu tetap memilih jenis makanan yang sehat dan aktif berolahraga untuk mempertahankan berat badan ideal. (*)

Pewarta : Khusnul Hasana (MG-242)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.