Gaya Hidup

Nasi Ayam Kampung Ndalem Ratu, Menu Khas yang Rasanya Dijamin Otentik

Jumat, 02 Juni 2023 - 10:34
Nasi Ayam Kampung Ndalem Ratu, Menu Khas dengan Rasa Otentik dari Sejarah Singosari Menu Nasi Ayam Kampung Ndalem Ratu.

TIMES JATIM, MALANG – Ada rumah makan bernuansa erat dengan budaya dan sejarah Jawa bisa ditemui di Ndalem Ratu. Lokasinya di  pusat kerajaan Singosari, tepat di Jalan Kartanegara Barat, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Memiliki arti yaitu jati diri seorang ratu, resto yang menyajikan menu makanan Jawa kuno ini buka setiap hari dari jam 09.00-21.00 WIB.

"Kami menjual menu makanan Jawa kuno seperti nasi bacan, nasi kuning, bubur sumsum, dll. Hal ini karena makanan tersebut berpotensi akan punah tertindas masuknya kuliner asing," ujar Soehermin kepada TIMES Indonesia, Jumat (26/5/2023).

Menu-Nasi-Ayam-Kampung-Ndalem-Ratu-B.jpg

Nasi ayam kampung di Ndalem Ratu sendiri masih menggunakan ayam kampung asli dan dimasak dengan menggunakan resep tradisional.

"Serta tambahan untuk menu ini adalah sambel terasi yang rasanya sangat nikmat dan beberapa sayur untuk lalapan," imbuhnya 

Dengan kandungan tersebut, makanan ini cocok untuk orang-orang yang ingin mencoba makanan Jawa. Tetapi perlu diperhatikan juga sambel terasinya karena rasanya cukup pedas untuk orang yang tidak kuat dengan pedas.

Nasi ayam kampung Ndalem Ratu memiliki cita rasa yang manis, gurih, asin, dan sambel terasinya yang pedas.  Selain menjadi menu khas Ndalem Ratu, menu ini menjadi menu favorit para tamu yang berkunjung.

"Dari segi rasa, makanan ini sangat menggunggah selera. Mulai dari ayam kampungnya yang empuk, serta kondimen makanan seperti sambel terasi dan lalapannya memakai bahan-bahan yang segar," ucap Rayyan. pengunjung Ndalem Ratu

Menu-Nasi-Ayam-Kampung-Ndalem-Ratu-C.jpg

Uniknya Ndalem Ratu berdiri di atas tanah bersejarah di mana letaknya di zona 1 kerajaan Singosari. Bangunan joglo yang penuh dengan filosofi serta ornamen-ornamen kuno yang menambah suasana disini seperti di masa lampau. 

Pelayan yang  melayani tamu Ndalem Ratu pun memakai pakaian adat jawa sebagai seragam dengan atasan kebaya, sehingga nuansa Jawa restoran ini cukup kental. (*)

Pewarta : Ilham Mutiarahman (MBKM)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.