Gaya Hidup

Pemuda Pelestari Karawitan dan Keroncong Asal Bondowoso Raih Juara II Tingkat Jatim

Kamis, 28 Oktober 2021 - 17:26
Pemuda Pelestari Karawitan dan Keroncong Asal Bondowoso Raih Juara II Tingkat Jatim Pemuda sekaligus pelestari karawitan dan keroncong asal Bondowoso mendapatkan juara II di Tingkat Provinsi Jawa Timur (FOTO: Disparpora for TIMES Indonesia).

TIMES JATIM, BONDOWOSO – Di momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021, pemuda pelestari karawitan dan keroncong asal Kabupaten Bondowoso meraih prestasi membanggakan dengan menjadi juara II di tingkat Provinsi Jawa Timur.

Raihan juara di bidang sosial budaya itu, diperoleh dalam penghargaan Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Jawa Timur, di Alun-alun Kabupaten Tuban, Kamis (28/10/2021).

Karya buatan pemuda bernama Jala Pawaka (25) itu berjudul 'Tongkrongan 18'. Penghargaannya diraih sebagai pelestari musik tradisional yakni Keroncong dan Karawitan.

Warga Dusun Krajan, Desa Sumber Suko Kecamatan Klabang mendapatkan uang pembinaan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa Rp 7,5 juta. 

Kabid Pemuda Dan Olah Raga, Disparpora Bondowoso, Ririn Mardikaningrum mengatakan, pemuda kelahiran 1993 itu berhasil mengajak para pemuda untuk berkarya dan melakukan berbagai kegiatan sosial lainnya.

Para pemuda yang diberdayakan yakni yang biasanya hanya berkegiatan yang tak bermanfaat. "Nongkrong nggak ada gunanya, minum-minuman keras," imbuhnya.

Menurutnya, Jala Pawaka juga pernah menyabet Juara I tingkat kabupaten dan menerima uang pembinaan sebesar Rp 1 juta di bidang yang sama. "Akhirnya pemuda itu dikirim ke tingkat provinsi. Tahun-tahun sebelumnya, kita juara inovasi teknologi, juara pangan dan banyak lah mulai 2017 itu," jelasnya.

Di samping itu, dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 ini, pihaknya menggelar Forum Kewirausahaan Pemuda, Mendorong Tumbuhnya Koperasi Pemuda.  "Hal ini sesuai dengan tema HSP ke-93 yakni Pemuda Bersatu, Bangkit dan Tumbuh," paparnya saat dikonfirmasi.

Pihaknya berharap, kewirausahaan bisa tumbuh di tengah pandemi Covid-19. Wujud nyatanya adalah membentuk koperasi pemuda sebagai salah satu indikator kabupaten layak pemuda. 

"Pembentukan koperasi diharapkan semua kewirausahaan para pemuda dapat berkembang dengan baik. Jadi kami adakan hari ini di Kecamatan Curahdami, dengan kegiatan untuk pembentukan Koperasi Pemuda di Kabupaten Bondowoso," jelasnya. (*)

Pewarta : Moh Bahri
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.