Gaya Hidup

Ini Dia Tips Memilih Disinfektan yang Aman

Selasa, 26 Oktober 2021 - 17:39
Ini Dia Tips Memilih Disinfektan yang Aman Disinfektan (Foto: Joko)

TIMES JATIM, JAKARTA – Saat pandemi COVID-19 ini, masyarakat Indonesia semakin waspada dengan kesehatan maupun keamanan mereka masing-masing. Selain wajib menggunakan masker, masyarakat juga membawa hand sanitizer maupun sedia disinfektan.

Ketiga barang di atas sudah menjadi barang wajib selama masa pandemi karena dapat menghindarkan masyarakat dari virus maupun kuman. Disinfektan sendiri merupakan cairan yang dapat membunuh kuman dengan cepat.

Kini, semakin banyak jenis disinfektan yang beredar salah satunya disinfektan spray, fungsinya lebih dikhususkan untuk membunuh kuman di udara. Selain itu, juga kepraktisan saat digunakan dan bisa sebagai pewangi ruangan.

Disinfektan 2

Dari data ilmiah ternyata menyebut, pengguna disinfektan spray semakin meningkat di masa pandemi terutama bagi mereka yang menderita penyakit asma. Namun perlu berhati-hati jika ingin membeli cairan disinfektan ini karena semakin laris suatu produk, tidak menutup kemungkinan akan banyak produk palsu yang beredar.

Berikut ini, ada tips bagaimana memilih produk disinfektan yang aman agar tak tertipu:

1. Pilih salah satu antara disinfektan bukan sekedar pengharum ruangan

Harga disinfektan rata-rata lebih mahal dari pengharum ruangan. Oleh karena itu pilih disinfektan yang tidak terlalu bau menyengat karena disinfektan yang memliki bau menyengat lebih banyak kandungan pewangi atau fragrance. Jadi pilih disinfektan yang tidak terlalu bau menyengat dan memiliki bahan aktif chlorhexidine digluconate yang menjadi standar rumah sakit sehingga lebih ampuh untuk membunuh patogen dan mikroorganisme berbahaya.

2. Tidak semua disinfektan sama

Keberadaan disinfektan sudah masuk ke dalam industrialisasi, maka akal-akalan mendapat cost rendah dengan bahan baku tidak berkualitas kerap terjadi. Misalnya seperti memakai cairan pemutih sebagai salah satu kandungan, memang bisa membunuh kuman namun banyak yang tidak mengetahui bahan itu berbahaya bagi manusia bila secara jangka panjang digunakan.

Untuk mengetahui disinfektan itu berbahaya yakni dengan cara menyemprotkan produk disinfektan yang Anda beli pada perabotan rumah tangga. Tunggu selama 18 minggu bila terjadi korosi seperti karat atau mengelupas, maka disinfektan tersebut tidak baik.

3. Bahan baku

Sebagai konsumen, Anda harus cermat dalam memperhatikan bahan baku suatu produk tak terkecuali disinfektan. Jangan tergiur dengan harga murah dan promo. Teknologi disinfektan terbaik tentu akan memberikan partikel halus dan cepat menguap. Sebagai pembasmi kuman dan virus, sebaiknya cairan disinfektan tidak meninggalkan bekas maka dianjurkan yang cepat menguap.

4. Perhatikan kemasan produk disinfektan

Kemasan selalu menjadi hal yang penting dalam sebuah produk, termasuk disinfektan. Bahan baku disinfektan yang buruk dapat menimbulkan korosi. (*)

Pewarta : Joko Wiyono
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.