Gaya Hidup

Generasi Muda Wajib Coba, Ini 5 Kebiasaan Baik yang Bisa Ubah Hidup Jadi Lebih Bermakna

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 06:30
Generasi Muda Wajib Coba, Ini 5 Kebiasaan Baik yang Bisa Ubah Hidup Jadi Lebih Bermakna Ilustrasi: Orang yang menghargai waktu (FOTO: Freepik)

TIMES JATIM, JAKARTA – Kebiasaan adalah masa di mana sesuatu hal dilakukan secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama, kadangkala bersifat kebiasaan baik namun juga tak jarang ada yang buruk.

Tiap individu yang sudah memiliki kebiasaannya masing-masing akan merasa kesulitan untuk mengubahnya. Bahayanya, jika generasi muda yang digadang-gadang akan melanjutkan kejayaan Indonesia ini memiliki kebiasaan buruk yang sudah seharusnya diubah perlahan.

Tentu kita tidak ingin menjadi salah satunya bukan? Simak beberapa hal baik yang harus dibiasakan agar ubah hidup anda lebih bermakna:

1. Tepat waktu

Kebiasaan satu ini jarang sekali melekat kepada kamus hal baik yang harus diakukan oleh orang-orang, terutama di Indonesia. Saking banyaknya orang yang tidak mematuhi waktu, kita mengenal istilah ngaret untuk merepresentasikan hal atau seseorang yang datang tidak pada waktu yang telah disepakati.

Cobalah untuk patuhi waktu dari sekarang, entah itu janji dengan teman ataupun orang penting dalam suatu kegiatan. Perkirakan berapa lama waktu perjalanan yang akan ditempuh, total waktu persiapan diri anda, dan waktu yang telah disepakati untuk bertemu.

2. Ucapan Tolong, Maaf, dan Terima kasih

Tiga kata ajaib ini hingga saat ini juga masih jarang dilakukan. Lingkungan yang ceplas-ceplos kadangkala jadi faktor penghambat dibiasakannya hal baik tersebut.

Mulailah sekarang ucapkanlah ‘Tolong’ jika ingin minta bantuan kepada seseorang. Juga jangan lupa untuk mengucap ‘Terima kasih’ atas bantuan yang telah diberikan tersebut. Yang paling penting, jangan sungkan untuk membiasakan berkata ‘Maaf’ jika anda memiliki kesalahan pada orang lain.

3. Hargai lawan bicara

Pasti anda pernah dengan asyiknya bermain Gadget saat lawan bicara anda sedang menyampaikan sesuatu, bukan? Itu berarti anda tidak menaruh rasa hormat kepadanya.

Generasi-Muda-2.jpg

Dengarkanlah dengan seksama ketika orang lain sedang menyampaikan informasi akan suatu hal hingga selesai dan beri respon yang terbaik padanya. Jangan justru memotong pembicaraannya atau menyibukkan diri dengan kegiatan lainnya.

4. Kembalikan barang ke tempatnya

Terdengar sepele memang, tetapi mengembalikan barang ke tempat aslinya memang perlu untuk dibiasakan. Jika secara terus menerus dilakukan, anda akan menjadi orang yang lebih kreatif dan tidak lagi malas. Dengan begitu, anda juga akan lebih menghargai barang milik orang lain dengan menjaganya dengan baik yang mungkin sedang anda pinjam.

5. Rapi dalam segala hal

Kepribadian diri anda bisa dilihat dari seberapa rapi anda menjaga penampilan, baik itu penampilan diri atau barang-barang yang anda miliki.

Anda bisa memulai dengan merapikan kamar tidur dan segala isinya. Hal itu penting, karena ruangan tersebut adalah tempat dimana anda banyak menghabiskan waktu setelah lelah beraktifitas seharian.

Selain 5 hal baik di atas, tentu kesehatan adalah wajib hukumnya untuk anda juga perhatikan. Tidak akan lebih bermakna hidup anda jika anda beraktifitas dengan keadaan yang kurang fit atau bahkan sedang sakit, bukan?

Maka dari itu, kesehatan juga perlu anda perhatikan dengan membiasakan mengkonsumsi buah ataupun sayur atau makan makanan bergizi.

Generasi-Muda-3.jpg

Intinya, anda harus lakukan beberapa hal baik diatas selama kurun waktu yang lama. Jika anda merasa sulit, lakukanlah secara bertahap sampai anda lupa hal-hal tersebut sudah menjadi kebiasaan baik yang melekat pada diri anda. Jika hal tersebut anda lakukan, tentu kebiasaan buruk sudah tidak akan anda lakukan kembali.

Tidak menutup kemungkinan juga orang akan melihat hal-hal baik yang anda lakukan dan memilih untuk menirunya. Jika begitu, generasi muda Indonesia akan dengan mudah melanjutkan tanggungjawab negara melalui kebiasaan baik yang dilakukan dan membuat hidup lebih bermakna. (*)

Pewarta : Adam Chesar Gunawan (MG-414)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.