Gaya Hidup

Tips Merawat Wajah Tetap Sehat Meski Sering Bermasker ala dr Michael Lawanto

Sabtu, 31 Juli 2021 - 10:00
Tips Merawat Wajah Tetap Sehat Meski Sering Bermasker ala dr Michael Lawanto dr Michael Lawanto saat treatment pasien di Klinik Beauty Skin dr. MF Surabaya, Sabtu (31/7/2021).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYA – Seringnya menggunakan masker selama masa pandemi Covid-19 terkadang menimbulkan dampak kurang sehat bagi wajah. Seperti timbulnya jerawat. Apalagi, malas mengganti masker baru dan bersih secara berkala. Nah, dr Michael Lawanto punya tipsnya.

Tips sehat yang disampaikan dr Michael Lawanto ini bisa menjadi solusi tepat bagi masyarakat khususnya generasi muda yang memiliki mobilitas tinggi untuk melakukan perawatan wajah secara mandiri di rumah.

Dokter muda kelahiran Surabaya ini menyebut, selama pandemi Covid-19 banyak keluhan pada kulit seperti timbul jerawat di area tertutup masker serta kulit menjadi lebih kering padahal hanya di rumah saja atau WFH.

"Jerawat dan kulit kering tersebut bisa ditimbulkan oleh beberapa faktor seperti pemakaian masker, jarang terkena matahari dan jarang berkeringat. Sehingga, kulit jadi kering dan kusam," tutur dr. Michael saat dijumpai di Beauty Skin dr. MF Surabaya, Sabtu (31/7/2021).

Agar wajah tetap bersih dan sehat serta mencegah timbulnya jerawat, lanjut dr Michael, sebenrnya cukup mudah. Di antaranya, minum air putih yang cukup meski WFH (Work From Home). Karena, kebiasaan banyak orang malas minum air putih jika tidak capek setelah beraktifitas.

"Padahal, apabila kita kurang minum air putih kulit bisa mengakibatkan kulit kering. Dan, bila kulit terlalu kering bisa menimbulkan iritasi dan jerawat," terangnya.

dr-Michael-Lawanto-2.jpgdr Michael Lawanto.

Kedua, harus sering cuci muka agar kebersihan terjaga meskipun tidak terkena debu. Cuci muka ini kerap dilupakan akibat dirumah saja karena merasa tidak kotor dan tidak bertemu orang lain.

Ketiga, meskipun tidak keluar rumah dianjurkan tetap mendapat vitamin D dari sinar matahari. Kebanyakan orang yang berjemur diluar lupa tidak menggunakan samblok. Hal itu bisa menambah kusam pada kulit.

Berikutnya harus olah raga teratur, karena dengan keluarnya keringat, secara tidak langsung membuat kulit jauh lebih sehat. Selanjutnya yang terakhir adalah istirahat cukup. Kurangnya tidur akibat kebanyakan nonton televisi dan internetan juga menyebabkan kulit tidak sehat.

Selain berprofesi sebagai dokter, dr Michael Lawanto yang lulusan S1 pendidikan dokter umum Universitas Wijaya Kusuma Surabaya tahun 2016 ini juga merupakan entrepeneur muda berjiwa tangguh.

Hal ini dibuktikan dengan bisnis warabala kuliner khas ayam crispy Honey Pok yang sudah dirintis sejak 2015. Kini, Honey Pok sudah tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Total franchise Honey Pok ada sebanyak 35 cabang pada 2019 dan 14 nya milik sendiri.

Kembali ke tips perawatan wajah, dr Michael Lawanto juga menyampaikan, setiap habis makan usahakan ganti masker. Karena, biasanya orang lupa cuci mulut hanya dibersihkan pakai tissue. Hal tersebut yang menyebabkan kuman-kuman nempel semua. Akhirnya permukaan kulit dan timbulah jerawat di area dagu. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.