Ekonomi

Pedagang Pasar Wiyung Minta Kemudahan Akses Permodalan

Sabtu, 02 Desember 2023 - 16:46
Pedagang Pasar Wiyung Minta Kemudahan Akses Permodalan Pedagang Pasar Wiyung mengeluhkan kesulitan akses mendapatkan permodalan, Sabtu (2/12/2023).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYA – Sejumlah pedagang di Pasar Wiyung Surabaya mengeluhkan kesulitan mendapatkan akses permodalan usaha. Keluhan itu mereka sampaikan kepada politikus senior Partai Gerindra, Bambang Haryo Soekartono.

Pria yang akrab disapa BHS ini memang blusukan ke Pasar Wiyung, Surabaya, Sabtu (2/12/2023). Ia didampingi Ketua DPC Gerindra Surabaya, Cahyo Harjo Prakoso.

Di pasar itu, Bambang Haryo Soekartono mendengar sejumlah aspirasi dari masyarakat. Di antaranya, soal permintaan kemudahan akses permodalan.

Mendengar keluhan tersebut, BHS yang juga Calon Legislatif untuk DPR RI ini menawarkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR). 

"Tadi sempat saya tanyakan mengenai permodalan. Ternyata, ini belum sepenuhnya para pedagang ini diberi wawasan mengenai permodalan," kata BHS di sela kunjungan.

Padahal, jelas BHS, pemerintah pusat memiliki program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga pinjaman yang relatif bersahabat. 

"Permodalan UMKM ini ada KUR. Seharusnya, KUR tersebut bisa dimanfaatkan oleh pedagang, termasuk yang ada di Surabaya," katanya yang juga didampingi Caleg Gerindra untuk DPRD Surabaya, Yona Bagus Widyatmoko.

Maka, jika kelak ia terpilih sebagai Anggota DPR, pria berlatarbelakang pengusaha ini juga akan mendorong pemerintah untuk menurunkan bunga. 

"KUR ini bunganya 6 persen. Nantinya kalau saya menjadi anggota DPR akan saya dorong (pemerintah) untuk kita turunkan menjadi 3 persen," katanya.

Menurut BHS, dukungan permodalan kepada UMKM, khususnya para pedagang pasar merupakan salah satu fokus pemerintahan Prabowo ke depan. 

"Itu yang kita harapkan. Saya yakin di pemerintahan Prabowo-Gibran bisa menurunkan KUR untuk UMKM," kata pria yang juga Ketua Dewan Penasehat DPD Gerindra Jatim ini.

Pria yang pernah menjadi Anggota DPR RI periode 2014-2019 ini juga menjelaskan bahwa pasar harus tetap hidup untuk mendukung ekonomi kerakyatan. 

"Pemimpin yang kita harapkan akan terus peduli terhadap pasar karena ini tempatnya ekonomi kerakyatan, tempatnya rakyat semua berkumpul," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPC Gerindra Surabaya Cahyo Harjo Prakoso menjelaskan bahwa dukungan partainya kepada pelaku ekonomi pasar dilakukan secara berkelanjutan. 

Bahkan, partai berlambang kepala Garuda ini memiliki organisasi sayap partai bernama Pedagang Pejuang Indonesia Raya (Papera) yang secara khusus mewadahi para pedagang.

"Kami turun ke pasar untuk mendengar sekaligus menjawab berbagai persoalan yang ditemui pedagang maupun pembeli di pasar. Bagi kami, pasar merupakan pusat ekonomi kerakyatan yang harus terus mendapatkan dukungan pemerintah," kata Cahyo.

Cahyo yang juga Caleg Gerindra untuk DPRD Jawa Timur ini mengungkapkan, pasangan Prabowo-Gibran akan menyiapkan sejumlah bantuan permodalannya kepada UMKM.

"Melalui pasar inilah, ekonomi rakyat berjalan. Bapak Prabowo bersama Mas Gibran sangat peduli untuk memberikan dukungan kepada ekonomi kerakyatan," kata pria yang juga Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran ini.(*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.