Ekonomi

Markplus.Inc. Kembali Bahas Peluang dan Tantangan Industri Ritel Pasca Pandemi

Kamis, 29 Juli 2021 - 18:22
Markplus.Inc. Kembali Bahas Peluang dan Tantangan Industri Ritel Pasca Pandemi Markplus.inc gelar webinar mengenai new normal format dan new format retail (Foto: Dok. Markplus.Inc)

TIMES JATIM, SURABAYA – Pandemi Covid-19 yang tak henti mewabah menimbulkan tantangan bagi industri ritel dan pusat perbelanjaan. Pegiatnya harus bekerja ekstra keras demi mempertahankan eksistensi pasar.

Inovasi yang timbul dari keterbukaan masyarakat terhadap penggunaan sarana digital dan segala kemudahan yang diberikan secara perlahan menjadi solusi akan keberlangsungan jual beli mereka.

Untuk menjawab tantangan ini, MarkPlus, Inc. menyelenggarakan “Tenant’s Coffee Break: Shopping Mall: What’s Next? In Time of Recovery” pada 29 Juli 2021, 15.00-16.30 WIB secara live streaming melalui chanel Marketeers TV.

Webinar yang diadakan secara virtual ini dihadiri oleh 428 peserta lintas sektoral dengan pembicara Hermawan Kartajaya, (Founder & Chairman MarkPlus, Inc.,) Alphonsus Widjaja (Ketua Umum APPBI) Ivy Wong (Business Development Director of Pakuwon Group), Sumarno Ngadiman (Founder of Eatwell Culinary Group) dan Handaka Santosa (Managing Director at Sogo Indonesia).

We are thinking about the future, apa yang harus dilakukan mall, ketika menyongsong post pandemi apalagi Indonesia menuju 2030, 2021 is the first year in a new decade. 2020 kita adaptasi saja seperti ketika PPKM pusat perbelanjaan tutup, dan lain sebagainya. 2021 tidak boleh lagi adaptation, harus disertai transformation. Kita harus prepare untuk new format of mall & new format of retail”, ujar Hermawan sebagai pembuka acara Tenant’s Coffee Break, Kamis, (29/072021).

Markplus inc a

Pertokoan seperti mall tidak akan mati, dengan syarat harus selalu memberikan inovasi atau melakukan rebranding mall tersebut.

"Mall tidak akan mati dan akan menjadi community center dengan mengupayakan pendekatan beragan lokasi dengan masyarakat. Seperti tempat tinggal, Sekolah, Kantor, dan lokasi-lokasi lainya," tambah Hermawan.

Ditambahkan lvy Wong, pentingnya menerapkan strategi Omni Channel untuk mempertahankan tenant dan agar tetap bertahan di tengah kegelisahan pandemi.

Everyone wants a new concept and something new, saya percaya dalam kondisi sekarang akan menjadikan 1 impact bahwa online shopping akan buka pop up store di mall, supaya dapat spectrum of customer yg berbeda. At the end of the day kita harus cari satu titik untuk bisa kerja dengan omni channel, offline dan online, both of them have to work well together," ungkap Ivy.

Sepakat dengan pernyataan Ivy, Handaka Santosa selaku Managing Director at Sogo Indonesia menegaskan pentingnya mengetahui tren pasar dan pentingnya customer experience.

“Department store saat ini harus mengubah konsep, teori yang menyebut one stop shopping harus di-implement dikombinasikan dengan apa yang disebut customer service, dan attitude dari team yang melayani juga harus beda."

"Saat ini orang menganggap department store jualan pakaian, sepatu, kosmetik, dll. Tapi saat ini dalam rangka merubah SOGO kami sudah membuka apotik, keperluan farmasi dan booth tepat di pintu utama kami. Agar orang juga melihat bagaimana trend kebutuhan customer," tegas Handaka.

Markplus inc b

Pusat perbelanjaan atau mal diproyeksi masih sulit bangkit meski vaksin Covid-19 telah didistribusikan. Didorong tingginya kekhawatiran masyarakat, maka customer confidence menjadi strategi yang wajib ditingkatkan.

Menutup diskusi hari ini, Alphonsus Widjaja selaku Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia menyatakan pihaknya optimis terhadap keberlangsungan pusat perbelanjaan.

Menurutnya, Tenant perlu berjualan dengan konsep baru dan dengan cara yang baru, bukan hanya buka toko lalu selesai. Tugas pengelola adalah mencari titik temu kepentingan tenant dan kustomer ini. 

Alphonsus menyebutnya sebagai new paradigm di industri ritel. Bukan lagi menjual place of business tapi menjadi whole business. Perusahan harus bisa tidak hanya menyewakan tempat, tenant perlu sekali konsep baru yang tidak hanya berjualan saja. "Di sisi lain pengelola harus bisa mencari konsep baru untuk konsumer yang tidak hanya menjadi tempat belanja," katanya. (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.