Ekonomi

Pemprov Sumsel Gelar Sumsel Expo 2021 di Grand City Mal Surabaya

Senin, 25 Oktober 2021 - 18:55
Pemprov Sumsel Gelar Sumsel Expo 2021 di Grand City Mal Surabaya Pembukaan pagelaran Sumsel Expo yang berada di Grand City Surabaya (FOTO: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYA – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggelar Sumsel Expo 2021 di Grand City Mal Surabaya.

Kegiatan tersebut khusus mengangkat sektor ekonomi khususnya UMKM setelah pandemi Covid-19 agar dapat mengenalkan sekaligus meningkatkan

produk terbaik dari Sumatera Selatan.

Untuk diketahui Sumsel Expo 2021 yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur. Event ini akan menampilkan pameran produk unggulan, jasa, investasi, pariwisata, industri, dan kerajinan.

Produk yang berada di Sumsel Expo 2021 meliputi kain songket, kopi, pempek dan oleh-oleh khas Sumatera Selatan.

Sumsel Expo 2021 2

Acara ini digelar 3 hari mulai dari tanggal 25 hingga 27 Oktober 2021 yang berada di Grand City Mal Surabaya bertempat di Lantai dasar dengan berbagai macam hiburan.

Dijelaskan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim Mas Purnomo Hadi saat memberikan sambutan mengungkap bahwa kegiatan ini adalah bentuk kolaborasi antara Jatim dan Sumsel.

"Saat ini dipertemukan kembali dalam sebuah kegiatan saling memperkenalkan unggulan dan potensi peluang kerjasama khususnya di industri pengolahan," tutur Purnomo pada, Senin,(25/10/2021).

Sumsel Expo ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerjasama antara Dinas Koperasi dan investasi Jatim dan Sulsel yang dilaksanakan pada Desember 2020 yang lalu di Palembang.

Ditambahkan juga oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumsel Amiruddin bahwa expo ini bertujuan untuk saling mendukung produk dari Sumsel dan Jatim.

"Tujuan lain adalah sebagai media promosi produk UMKM daerah Sumatera Selatan dan Jawa Timur, karena berbagai tenant juga dari Jawa Timur. Agar tenant-tenant yang tampil hari ini dapat memperluas peluang pasar terhadap hasil produk UMKM Sumatera Selatan dan Jawa Timur," jelas Amiruddin.

Beberapa produk unggulan khususnya produk-produk terbaik dari Sumsel yang dihadirkan dalam Sumsel Expo 2021 salah satunya adalah makanan khas Palembang yaitu empek-empek.

Sumsel Expo 2021 3

Empek-empek tersebut bernama 'Cek Molek' yang mempunyai rasa dan keunggulan empek-empek tersebut tidak mudah basi karena dikemas sesuai SNI.

Pemilik bisnis Cek Molek tertarik untuk mengikuti kegiatan Sumsel Expo di Surabaya adalah untuk mengembangkan pasar sehingga dapat mencapai internasional.

"Kita mendapatkan business to business untuk mitra bisnis Cek Molek bisa tersebar di Surabaya. Jadi insya Allah kedepanya kalau ada, jika ada buyer yang cocok mungkin empek-empek Cek Molek akan go internasional," tutur Yenni, pemilik empek-empek Cek Molek kepada TIMES Indonesia.

Tidak hanya itu, dalam pagelaran Sumsel Expo 2021 ini juga dimeriahkan photo kontes, praktik membuat empek-empek dan berbagai produk kopi asli Sumatera Selatan. Tunggu apalagi, yuk mampir ke Sumsel Expo 2021 di Grand City Mal Surabaya. (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.