Ekonomi

HUT Dekranas, UMKM di Surabaya akan Diajari Pemasaran Digital

Rabu, 03 Maret 2021 - 19:47
HUT Dekranas, UMKM di Surabaya akan Diajari Pemasaran Digital Namira Ecoprint, salah satu UMKM di Surabaya yang produknya menjadi tren fesyen kala pandemi Covid-19. (Foto: Ammar Ramzi/ TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYA – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-41. Acara yang digelar secara virtual itu, diikuti oleh seluruh pengurus Dekranas yang dipimpin oleh Ketua Umum, Wury Ma'ruf Amin.

Dari Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sedap Malam Surabaya, istri dari Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi didampingi istri Wakil Wali Kota Surabaya, Iswahyurini tampak antusias mengikuti pertemuan daring tersebut. Awalnya, acara dibuka dengan pemutaran video ucapan selamat dari berbagai pihak atas bertambahnya angka usia Dekranas ke-41.

Ketua Umum Dekranas, Wury Ma'ruf Amin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus atas kerja keras dan usaha sehingga dapat mencapai usia ke-41. Selain itu, dalam sambutannya, dia menyebut, perayaan Dekranas tahun 2021 ini mengusung tema Perajin Sehat, Perajin Hebat Indonesia Maju. Mengingat kondisi saat ini perajin UMKM tengah berjuang di masa pandemi Covid-19.

UMKM-Surabaya-2.jpgSambel Cuk, memamerkan dagangannya dalam acara INAPRO 2020. (Foto: Ammar Ramzi/TIMES Indonesia)

“Tema ini diharapkan dapat selalu menjadi wadah dalam melakukan pembinaan dan penerapan protokol kesehatan (prokes) terhadap perlaku usaha. Tujuannya agar sama-sama kita memulihkan ekonomi dan segera bangkit dari pandemi,” kata Wury Ma'ruf Amin.

Ia berharap, di usia Dekranas saat ini seluruh pengurus dapat semakin produktif dan besar perannya dalam pengabdian kepada masyarakat. khususnya para perajin di seluruh tanah air. Apalagi, usia 41 tahun merupakan perjalanan panjang yang dilalui Dekranas dalam mengangkat kerajinan nasional.

“Telah banyak upaya dekranas untuk mewujudkan fungsinya sebagai lembaga yang mendukung kemandirian ekonomi sejak berdiri 3 Maret 1980 lalu,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani menjelaskan bahwa pemulihan ekonomi dan kesehatan menjadi fokus PKK Surabaya hari ini.

UMKM-Surabaya-3.jpgKetua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani (tengah) menghadiri HUT Dekranas ke-41. (Foto: Humas Pemkot Surabaya for TIMES Indonesia)

Selain itu, pihaknya mengaku akan totalitas membantu para pelaku UMKM dalam membranding hingga memasarkan produknya. “Kita bantu untuk digital marketing untuk mempromosikan. Artinya kita terus bangkitkan UMKM. Seperti yang menjadi fokus bapak wali kota,” kata Rini Indriyani.

Dia menegaskan, pada masa pandemi seperti sekarang ini para pelaku UMKM harus lebih gencar dalam melaksanakan promosi digital. Terutama para pelaku UMKM rumahan yang belum mekasimalkan peran media sosial.

Oleh sebab itu, pihaknya tengah berkoordinasi dengan pengurus sebelumnya untuk segera menjalankan program-program yang telah dirancang.

“Misalnya suatu produk kelihatan menarik kalau kita foto dan video dan lainnya. Produknya apapun.  Digital marketing perlu ditekankan,” papar dia.

Saat ini, Rini – sapaan akrab Rini tengah menyusun kepengurusan baru yang nantinya akan bekerja bersama membangkitkan ekonomi masyarakat. Bahkan, di momen itu, ia juga memastikan tengah merancang program untuk menyiapkan pelatihan pengembangan produk yang dimiliki setiap kecamatan.

“Seperti misalnya wilayah Kenjeran, nanti kita kembangkan produknya itu dengan kreasi yang semakin beragam. Lalu mencari potensi apa yang ada,” ungkapnya.

Setelah perayaan HUT Dekranas, acara dilanjut dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) selama dua hari mulai hari ini, hingga besok (4/3/2021). Dimana Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani, berkomitmen membantu pemasaran digital. (*) 

Pewarta : Ammar Ramzi (MG-235)
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.