https://jatim.times.co.id/
Ekonomi

Hanya Ada Saat Lebaran, Renyahnya Rengginang Rasa Stroberi hingga Durian 

Kamis, 06 Mei 2021 - 17:59
Hanya Ada Saat Lebaran, Renyahnya Rengginang Rasa Stroberi hingga Durian  Proses penjemuran rengginang rasa buah di Kabupaten Bondowoso. Rengginang ini baru ada jelang lebaran tahun ini (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BONDOWOSO – Jika pada umumnya rengginang terasa asin atau manis. Tetapi di tangan pelaku usaha di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, rengginang memiliki rasa buah. Bahkan inovasi baru itu, hanya ada saat jelang lebaran tahun ini.

Usaha rengginang rasa buah tersebut, milik Afifah, warga Dusun Lapangan, Desa Sumbersari, Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowoso. 

Dia memiliki industri rumahan. Ditemui di kediamannya, dia tengah menjemur rengginang di depan rumahnya. Warna tengginang tampak mencolok. Yakni berwarna merah dan hijau. 

Rengginang Rasa Stroberi 2

Di dusun tersebut ada tiga produsen rengginang yang aktif, termasuk milik dirinya. Namun juga ada produsen musiman, yang berproduksi menjelang lebaran saja. Sehingga jelang lebaran, di sepanjang jalan dusun tersebut, banyak rengginang yang dijemur. 

Pada TIMES Indonesia, Afifah mengaku sudah 10 tahun jadi pengusaha jajanan rengginang. Tetapi hanya tiga varian yang ia buat, yakni rasa gurih, rasa bawang dan manis.

"Saya berpikir, kok rasanya itu saja. Jadi saya berpikir untuk buat inovasi baru. Akhirnya buat rengginang rasa buah. Mau tampil baru," katanya, Kamis (6/5/2021).

Ada tiga varian rasa buah untuk saat ini, yaitu rasa melon, stroberi dan durian. "Varian ini baru kami buat jelang lebaran tahun ini. Baru ada lebaran ini," ungkapnya.

Dalam membuat varian baru ini, pihaknya melakukan percobaan. Sari buah awalnya langsung dicampur dan dimasak dengan bahan uatama yakni ketan. "Tetapi ternyata aroma buahnya menguap saat dimasak. Akhirnya hanya tersisa warna tetapi tak ada aromanya," jelasnya.

Kemudian dia menyampurkan sari buah tanpa harus dimasak. Dicampur saat ketan akan dicetak. "Akhirnya rengginang rasa buah berhasil," imbuhnya. Setiap bungkus rengginang rasa buah berisi 0,5 kilogram dan dibanderol Rp 12,5 ribu. Sudah ada 15 kilogram yang terjual. 

"Kan masih baru, jadi hanya terjual 15 kilogram. Dalam satu bungkus berisi tiga varian, yakni rasa melon, stroberi dan durian. Baru saya yang bikin varian ini," paparnya.

Dia juga menjelaskan, varian yang selama ini diproduksi adalah rasa bawang, istimewa atau gurih dan varian rasa manis.  Pada hari-hari biasa penjualan tidak menentu. Tetapi rata-rata 15 kilogram kalau ada orang kulakan. Itu pun tidak setiap hari.

"Tetapi menjelang lebaran ini pesanan bisa 30 kilogram atau 60 bungkus. Meningkatkan sekitar 50 persen. Ada yang dijual lagi, ada yang untuk dikonsumsi sendiri oleh masyarakat," paparnya.

Setiap varian harganya berbeda, ada yang Rp 9 ribu, ringginang manis Rp 12 ribu, dan rasa bawang Rp 12,5 ribu per bungkus.  Menurutnya, produksi rengginang bergantung pada cuaca. Kalau panas baru produksi. Tetapi pihaknya tetap produksi meski tak ada pesanan.

Namun jelang lebaran kali ini produksi diakuinya meningkat. "Nanti ditaruh, kan ada pembeli yang ke sini. Termasuk rengginang rasa buah. " papar pengusaha rengginang di Kabupaten Bondowoso ini. (*)

Pewarta : Moh Bahri
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.