Ekonomi

DPU Pengairan Banyuwangi Bakal Seriusi Program Padat Karya di Tahun 2021

Senin, 25 Januari 2021 - 14:28
DPU Pengairan Banyuwangi Bakal Seriusi Program Padat Karya di Tahun 2021 Kepala Bidang Bina Manfaat dan Kemitraan DPU Pengairan Banyuwangi, Donny Arsilo Sofyan (Foto: Hafid Nurhabibi/TIMES Indonesia).

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Dalam tahun anggaran 2021 ini Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten Banyuwangi (DPU Pengairan Banyuwangi) berkomitmen menseriusi program padat karya di sejumlah lokasi.

Salah satu lokasi utama yang akan dijamah padat karya ialah Kampung Ujung, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Banyuwangi. Beberapa warga telah berkoordinasi dengan pihak DPU Pengairan dan akan segera ditindak lanjuti.

Kepala Bidang Bina Manfaat dan Kemitraan DPU Pengairan Banyuwangi, Donny Arsilo Sofyan menjelaskan program tersebut menjadi skala priotitas DPU Pengairan Banyuwangi karena dinilai bisa menjadi alternatif pemulihan ekonomi masyarakat terdampak Covid-19.

Selain itu juga pembenahan di sekitar areal sungai memang perlu perbaikan guna mengantisipasi aliran deras yang berpotensi meluapnya air.

"2021 dibidang kami nanti setiap 11 Korsda itu akan ada program padat karya, memang nilainya tidak signifikan, tapi sangat cukup untuk masyarakat dan sangat membantu masyarakat," terang Donny kepada TIMES Indonesia, Senin (25/1/2021).

Dalam pengerjaannya, program tersebut akan ditangani langsung oleh masyarakat dan diutamakan para petani yang tergabung dalam Himpunan Petani Pemakai Air (Hippa), sehingga substansi kemanfaatannya bisa dirasakan bersama.

"Untuk lebih menyentuh kepada masyarakat, Konsep padat karya kami akan berikan langsung kepada masyarakat. Jadi masyarakat yang membuka rekening dan didata, lalu kami transfer secara langsung," imbuhnya.

Dengan program padat karya yang akan diseriusi oleh DPU Pengairan Banyuwangi pada tahun 2021 ini diharapkan selain menjadi solusi dari persoalan pengairan dan upaya pemulihan ekonomi, juga mampu mempercantik areal sungai yang menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah tidak pada tempatnya. (*)

Pewarta : Hafid Nurhabibi (MG-311)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.