Ekonomi

Hebitren Luncurkan Distribution Center di Tiga Pesantren Jatim

Selasa, 04 Mei 2021 - 17:18
Hebitren Luncurkan Distribution Center di Tiga Pesantren Jatim Acara peluncuran Distribution Center oleh Hebitren dan Bank Indonesia (foto: Bahrul Ulum for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PROBOLINGGO​​​​​​​Hebitren atau Holding Bisnis Pesantren meluncurkan Distribution Center (DC) di tiga pondok pesantren di Jatim bersama Bank Indonesia. Peluncuran dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Jadid, Probolinggo, Selasa (4/5/2021).

Tiga DC dengan spesifikasi gudang, kantor dan lahan parkir itu dibangun di Pesantren Nurul Jadid, Probolinggo; Pesantren Bahrul Ulum, Jombang; dan Pesantren Sunan Drajat, Lamongan.

DC diharapkan dapat meningkatkan efektifitas distribusi antar anggota Koperasi Serikat Bisnis Pesantren (KSBP), yang dibentuk tahun 2019 lalu.

Terutama di bidang perdagangan untuk pemenuhan barang (sembako) dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar lokal.

Acara peluncuran dihadiri sejumlah pejabat Bank Indonesia dan Pengurus Pusat Hebitren. Di antaranya Ketua Dewan Ekonomi Syariah BI, Anwar Bashori; dan Ketua Umum DPP Hebitren, KH Hasib Wahab Chasbullah.

Selain lanching DC, dalam kesempatan ini juga diadakan pengukuhan kepengurusan Hebitren Jawa Timur.

Koordinator Hebitren Jawa Timur, KH Faiz AHZ mengatakan, kepengurusan Hebitren di Jatim ini diharapkan dapat mendorong upaya pengembangan sektor bisnis dan ekonomi pesantren yang mandiri dan berdaya saing tinggi.

Di antaranya, dengan memberdayakan potensi dan jejaring pesantren yang tersebar luas, khususnya di Jawa Timur. "Nah, upaya ke arah itu sudah diwujudkan. Salah satunya dengan pendirian DC ini," kata Kiai Faiz.

Dijelaskan, pendirian DC merupakan tindak lanjut dari kerja sama dan kolaborasi antarpesantren di Jawa Timur. Hal itu dimulai saat penandatanganan Deklarasi Surabaya oleh Gubernur Bank Indonesia, Ketua Dewan Komisioner OJK, Gubernur Jawa Timur, serta Perwakilan 17 Pondok Pesantren.

Para perwakilan Ponpes itu juga menghasilkan pembentukan KSBP pada tahun 2019. Tak lama setelah didirikan, KSBP bahkan berhasil menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam menjalankan usahanya.

Dari total aset sebesar Rp1,14 Miliar pada tahun 2019, KSBP mampu meningkatkannya hingga mencapai Rp4,07 Miliar di tahun 2020. Pencapaian tersebut sangat berpotensi untuk ditingkatkan.

"Terutama jika mengingat luasnya jejaring dan keberadaan pesantren yang tersebar di berbagai wilayah, khususnya di Jawa Timur," papar Anwar Bashori.

​​​​​​​Hebitren adalah organisasi independen dan non partisan, yang dibentuk untuk mendorong akselerasi penguatan ekonomi pesantren. (*)

Pewarta : Muhammad Iqbal
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.