Ekonomi

Meski Ada PPKM, UMKM di Kabupaten Malang Tetap Eksis

Senin, 25 Januari 2021 - 15:09
Meski Ada PPKM, UMKM di Kabupaten Malang Tetap Eksis Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang, Dra Pantjaningsih Sri Redjeki saat meninjau produk UMKM milik Koperasi. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM di Kabupaten Malang tetap eksis meski sedang diberlakukan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM.

Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Drs Eru Suprijambodo MSi mengatakan, PPKM tidak menghalangi pelaku UMKM untuk memproduksi sekaligus memasarkan produk-produk unggulannya.

"Khususnya usaha mikro jenis makanan serta minuman olahan masih banyak yang eksis ditengah Pandemi saat ini," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Senin (25/1/2021). 

Lebih lanjut dia mengatakan, mereka masih eksis karena sudah memiliki jawaban atas permasalahan yang terjadi saat Pandemi. Diantaranya adalah masalah promosi serta penjualan yang terbatas saat Pandemi.

"Mereka mempromosikan secara online melalui media sosial. Sedangkan untuk pengirimannya menggunakan jasa kurir pengiriman," ungkap mantan Camat Sumberpucung tersebut.

Menurutnya, dengan mempromosikan melalui online dan menggunakan jasa kurir dalam pengiriman, maka sudah memenuhi anjuran pemerintah selama Pandemi.

"Jadi, tidak ada kontak langsung antara penjual dengan pembeli. Karena pembayarannya juga transfer. Sehingga menerapkan jaga jarak," tuturnya.

Eru menyebutkan beberapa UMKM yang eksis selama Pandemi hingga PPKM saat ini. Diantaranya, keripik tempe dengan nama Barokah Putra, Djuduh Jahe Merah Instan dan Keripik Singkong Kembang Goyang.

"Seperti Jahe Merah Instan ini juga banyak peminatnya. Karena bisa menangkal berbagai penyakit termasuk virus," kata mantan Camat Ngantang tersebut.

Selanjutnya kata dia, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang juga terus memberikan pendampingan kepada UMKM semasa Pandemi maupun PPKM agar tetap eksis meski di tengah keterbatasan yang ada. (*)

Pewarta : Binar Gumilang
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.