Ekonomi

Santri Gresik Produksi Minuman Dari Bunga Rosela, Cocok Buat Suguhan Lebaran

Rabu, 05 Mei 2021 - 21:32
Santri Gresik Produksi Minuman Dari Bunga Rosela, Cocok Buat Suguhan Lebaran Santri Ponpes Mambaul Ihsan saat menunjukkan produk Sari Rosela (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, GRESIK – Mengembangkan jiwa enterpreneur di pondok pesantren, santri Gresik Jawa Timur memproduksi minuman kemasan berbahan dasar bunga rosela yang cocok menjadi suguhan saat lebaran Hari Raya Idul Fitri. 

Cara membuat minuman ini terbilang mudah. Awalnya, bunga rosela dipetik dari pohonnya. Kemudian dilakukan pemilahan, selanjutnya dikeringkan.

produk Sari Rosela 2

Setelah kering, bunga rosela direbus dan dicampur gula pasir serta kayu secang. Kemudian, dipisahkan dengan disaring. Untuk menambah daya tarik dikemas dengan desain menarik. 

Pengasuh Ponpes Mambaul Ihsan, Nafisul Atok memgayakan sejak awal bulan Ramadan, santri telah memproduksi ratusan dus. Permintaan memang banyak karena untuk suguhan lebaran. 

"Memang produksi saat Ramadan banyak, kami sudah memproduksi 500 dus. Satu dus berisi 24 gelas dengan ukuran 120 mililiter," katanya kepada TIMES Indonesia, Rabu (5/5/2021).

Atok berkata, santrinya memang dibekali ilmu enterpreneur mulai produksi hingga menjual serta strategi bisnis. Hal ini penting agar ketika lulus dari pondok, mereka sudah terampil serta siap menjadi pengusaha.

produk Sari Rosela 3

Dia menyatakan dalam pendidikan formal, para santri mengenyam di sekolah menangah kejuruan (SMK). Nah, produksi Sari Rosela ini berasal dari santri program studi pertanian dan tata boga.

"Santri jurusan pertanian yang tanam bunga rosela, dan santri tata boga yang memproduksi minuman ini hingga siap diminum. Bahkan sudah ada PIRT juga sehingga sudah dijual bebas," tambahnya.

Dijelaskan lagi oleh Atok, produk minuman yang diproduksi santrinya ini ada dua varian, untuk Sari Rosela warna merah dijual Rp 30 ribu dan ungu dijual Rp 35 ribu per satu dus.

"Kelebihan minuman ini sendiri menyehatkan karena dari komposisi bahan herbal sehingga antioksidan tinggi dan kaya vitamin C," tutup Atok menanggapi santri Gresik yang produksi minuman kemasan dari bunga rosela yang cocok untuk sajian lebaran. (*)

Pewarta : Akmalul Azmi
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.