https://jatim.times.co.id/
Berita

Vaksinasi Tahap 1 di Jombang Mencapai 70 Persen

Kamis, 23 September 2021 - 22:22
Vaksinasi Tahap 1 di Jombang Mencapai 70 Persen Mundjidah wahab saat jumpa pers dengan awak media di Pendopo Jombang (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JOMBANG – Pencapaian vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kabupaten Jombang mencapai 70 persen. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang akan terus gencarkan vaksinasi secara masif untuk menuju Jombang herd immunity

"Alhamdulillah PPKM di Jombang sudah level 1 dengan pencapaian vaksinasi dosis 1 Covid-19 sudah 70 persen. Kemudian untuk dosis yang ke 2 sudah 49 persen, jadi pelaksanaan vaksinasi setiap hari itu pasti ada," ujar Mundjidah Wahab Bupati Jombang, Kamis (23/9/2021).

Kendati demikian, pencapaian vaksinasi Covid-19 bagi lansia di Jombang masih terdata rendah. Terdata dari target minimal 60 persen sejak dimulainya pelaksanaan vaksinasi untuk lansia, saat ini baru mencapai 47,1 persen.

Hal itu pun disadari oleh Bupati Jombang, sehingga menurutnya akan mengambil langkah vaksinasi Covid-19 bagi lansia secara door to door. Dalam penjelasannya menyampaikan bahwa akan diselenggarakan di tiap-tiap Desa wilayah Kabupaten Jombang.

"Iya memang untuk lansia itu nanti akan dilaksanakan dengan jemput bola dengan pelaksanaannya di Desa. Jadi kalau di puskesmas terlalu jauh dan memang mereka masih belum tau kalau sebelum di vaksin itu ada pemeriksaan. Jadi nanti akan dilaksanakan di Desa agar tidak jauh dari tempat tinggalnya," jelasnya.

Sementara itu target Pemerintah Kabupaten Jombang saat disampaikan masih akan fokus percepatan vaksinasi Covid-19. Seperti yang disampaikan Bupati, agar segera mencapai target dua per tiga.

"Langkah pertama yang dilakukan pemerintah ini supaya percepatan vaksin hingga bisa mencapai dua per tiga. Kemudian juga soal disiplin Prokes, maka itu yang pertama adalah tidak boleh melepas masker. Jadi vaksin, masker, dan menjaga kesehatan diharapkan terus dilakukan agar tidak terjadi sampai ada varian baru," tuturnya.

Ditempat yang sama, AKBP Agung Setyo Nugroho Kapolres Jombang menyampaikan bahwa terkait rendahnya capaian vaksinasi bagi lansia, sudah disiapkan vaksinasi Covid-19 secara door to door dengan menggunakan mobil tim yang sudah disediakan.

"Sampai saat ini terkait vaksinasi lansia itu kami sudah ada tim vaksinasi dengan door to door dengan menggunakan mobil. Kami juga sudah ada 3 mobil Prokes yang akan terus melakukan pembagian masker juga, jadi kedepannya tetap kami sosialisasikan terkait Prokes agar Jombang tetap sehat dan maju," tutur Agung Kapolres Jombang.

Selain itu, Kapolres Jombang memastikan bahwa terkait pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan oleh anggota TNI/Polri bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang akan terus dilakukan.

"Kami pastikan selanjutnya akan terus dilakukan pelaksanaan vaksinasi, hingga kegiatan perekonomian segera bisa berjalan dengan baik seperti semula," pungkasnya terkait upaya mewujudkan Jombang herd immunity. (*) 

Pewarta : Rohmadi
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.