Berita

Di Malang, Mobil Dipaksa Putar Balik Karena Muat Penumpang Lebihi Kapasitas

Sabtu, 08 Mei 2021 - 19:14
Di Malang, Mobil Dipaksa Putar Balik Karena Muat Penumpang Lebihi Kapasitas Para petugas di pos penyekatan Exit Tol madyopuro saat memeriksa kendaraan yang melintas, Sabtu (8/5/2021). (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Selain memeriksa kelenggkapan administrasi seperti surat tugas dan hasil negatif Covid-19, Petugas Pos Pemyekataa di exit Tol Madyapura, Kota Malang juga memperhatikan protokol kesehatan penumpang kendaraan. Petugas akan memutar balik kendaraan apabila jumlah penumpang melebihi kapasitas 50 persen.

"Jadi memang betul, jika tidak mematuhi prokes yang seharusnya dalam kendaraan maksimal 50 persen, tapi ternyata lebih dari itu harus kita lakukan putar balik," ujar Kanit Turjawali Polresta Malang Kota, AKP Suwarno, Sabtu (8/5/2021).

Suwarno menjelaskan, hal tersebut tak hanya berlaku bagi pengendara luar Malang. Akan tetapi bagi para pengendara warga lokal Malang yang melintas di Exit Tol Madyopuro. Yang melanggar maksimum kapasitas penumpang, juga akan dilakukan tindakan putar balik.

"Memang betul orang lokalan Malang dari Rayon 2 juga kita perlakukan begitu. Sebelum kita suruh putar balik, dilakukan langkah seperti pengukuran suhu, cek kesehatan hingga Swab Antigen juga," ungkapnya.

Suwarno menjelaskan, meski warga Malang Raya yang misalnya bekerja di luar kota memang harus tetap melakukan protokol kesehatan. Hal itu dilakukan karena tidak ingin penyekatan ini dilakukan asal pilih, akan tetapi harus benar-benar bisa menyeluruh agar tak sia-sia.

"Tujuannya agar masyarakat sadar, mengerti dan kita laksanakan tugasnya," katanya.

Selama penyekatan yang dilakukan selama tiga hari ini, sudah 38 kendaraan diminta putar balik. Rinciannya, hari pertama (6/5) 18 kendaraan, hari kedua (7/5) 15 kendaraan dan hari ketiga (8/5) 5 kendaraan hingga siang tadi.

"Dari 38 kendaraan, 15 kendaraan lainnya dilakukan putar balik karena tak mentaati protokol kesehatan, yakni melebihi 50 persen kapasitas penumpang kendaraan," tandasnya. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.