https://jatim.times.co.id/
Berita

Sistem e-Meterai Pulih, Pendaftaran CPNS 2024 Diperpanjang

Kamis, 05 September 2024 - 23:33
Sistem e-Meterai Pulih, Pendaftaran CPNS 2024 Diperpanjang Ilustrasi meterai elektronik atau e-meterai. (FOTO: emet.id)

TIMES JATIM, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan bahwa kendala sistem e-Meterai yang sempat menghambat proses pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 kini telah teratasi.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Prabunindya Revta Revolusi, atau yang akrab disapa Prabu, menyampaikan kabar baik ini melalui pesan singkat kepada ANTARA.

“Saat ini sudah bisa diakses kembali,” ujar Prabu, Kamis (5/9/2024).

Hal serupa juga disampaikan oleh Peruri sebagai penyelenggara sistem elektronik e-Meterai. Menurut keterangan resmi yang disampaikan oleh Head of Corporate Secretary Perum Peruri, Adi Sunardi, pemulihan sistem dilakukan pada proses antrean pembubuhan (stamping) yang sudah berlangsung, serta pembaruan kuota untuk akun yang telah menyelesaikan pembayaran.

Namun, akses untuk pembelian kuota dan registrasi akun baru akan dibuka secara berkala, dengan mempertimbangkan beban antrean.

Sebagai langkah pencegahan agar kendala serupa tidak terjadi kembali, Prabu menyarankan agar peserta CASN bisa memanfaatkan alternatif penyedia layanan e-Meterai lain.

“Peserta CASN juga bisa membeli e-Meterai melalui Pos Indonesia lewat Pospay atau langsung di kantor pos terdekat,” jelasnya.

Selain itu, pemerintah memutuskan untuk memberikan kompensasi berupa perpanjangan waktu pendaftaran CPNS 2024.

Berdasarkan informasi resmi yang diunggah oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) di akun Instagram resminya, pendaftaran diperpanjang hingga 10 September 2024 pukul 23.59 WIB.

BKN juga mengimbau pelamar agar tidak menunda pendaftaran hingga batas waktu terakhir. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.