https://jatim.times.co.id/
Berita

Satgas Covid-19 Nasional Nilai RTM Madiun Tak Layak Jadi Tempat Karantina

Kamis, 06 Mei 2021 - 21:21
Satgas Covid-19 Nasional Nilai RTM Madiun Tak Layak Jadi Tempat Karantina Wali Kota Madiun mendampingi Tim Satgas Nasional Covid-19 di RTM Kota Madiun (Foto: Romy Tri Setyo Wibowo/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MADIUN – Rumah Tahanan Militer atau RTM Madiun dipersiapkan Pemkot Madiun untuk tempat karantina bagi pemudik. Bangunan yang sudah tidak terpakai sejak 1980 itu dikunjungi tim Satgas Covid-19 Nasional untuk dicek kondisinya.

Anggota Tim Satgas Covid-19 Naisonal  Andi Ilham Said memberikan catatan setelah melakukan kunjungan ke RTM tersebut. Menurutnya tempat tersebut tidak layak ditempati.

RTM Madiun 2

"Saya kira hanya untuk menakuti orang, itu sebagai lambang saja. Kalau ada yang datang jangan disitu tempatnya. Masih banyak yang lainnya " ujar Andi saat mengunjungi RTM, Kamis (6/5/2021).

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Madiun H. Maidi memberi tanggapan positif. Dia berharap tidak ada yang menempati RTM tersebut. "Karena tidak layak maka jangan masuk ke sana. Kalau tempat karantina tidak enak ya memang itu tempat bagi pelanggar," ujar Maidi saat dikonfirmasi.

Namun, Maidi menegaskan jika Pemkot Madiun tetap menyiapkan RTM sebagai lokasi karantina. Beberapa persiapan prasarana telah disiapkan dan tinggal beberapa hal yang akan segera diselesaikan.

"RTM hampir final. Karpet, lampu, bantal sudah ready dan ada tadi yang kurang adalah mengenai air dan akan kita perbaiki dan siapkan tanki," ujar Maidi.

RTM Madiun 3

Secara fisik, bangunan RTM tetap dengan kondisi semula. Cat dinding sudah kusam dan banyak yang terkelupas. Tidak ada pengecatan ulang. Ruangan bekas tahanan hanya dibersihkan saja. Lantai ubin hanya dilapisi karpet.

Sehubungan dengan larangan mudik oleh pemerintah, Pemkot Madiun telah melakukan berbagai upaya mengantisipasi kedatangan pemudik. Termasuk mwnyiapkan tempat karantina bagi perantau yang nekat mudik. Salah satunya adalah bekas rumah tahanan militer (RTM Madiun) peninggalan zaman kolonial Belanda.  (*)

Pewarta : Romy Tri Setyo Wibowo (MG-339)
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.