https://jatim.times.co.id/
Berita

Persiapan Latma Garuda Shield 15/12, Dankodiklatad Tinjau Lokasi

Minggu, 18 April 2021 - 22:12
Persiapan Latma Garuda Shield 15/12, Dankodiklatad Tinjau Lokasi Peninjauan Lokasi di baturaja Sumatera Selatan (foto: Dispenad)

TIMES JATIM, JAKARTA – Komandan Kodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos., hari ini Minggu (18/4/2021) melakukan peninjauan medan lokasi Penerjunan Pasukan (Droping Zone) dan daerah Latihan Pertempuran Kota (Purkota) di Rahlat Puslatpur Baturaja Sumatera Selatan. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka perencanaan latihan bersama (Latma) Garuda Shield 15/2021 yang nantinya akan melibatkan Angkatan Darat Amerika Serikat.

Sebagai bagian dari tahapan perencanaan latihan, Tim yang dipimpin oleh Dankodiklatad melaksanakan peninjauan dengan tujuan mempersiapkan daerah yang akan digunakan sebagai lokasi penerjunan pasukan (Droping Zone) dilanjutkan latihan pertempuran kota.

Peninjauan Lokasi baturaja Sumatera 2

Tak lupa, Dankodiklatad secara langsung meninjau daerah yang akan digunakan sebagai titik kumpul Batalyon.  Berdasarkan pertimbangan teknis dan taktis serta aspek-aspek pendukung yang dibutuhkan pasukan, saat melaksanakan konsolidasi pasca penerjunan, sebelum melanjutkan gerakan serta meninjau rute yang akan digunakan sebagai poros gerakan dalam rangka gerak maju menuju daerah pertempuran di perkotaan.

“Peninjauan ini dilaksanakan dengan 2 cara yaitu dengan menilai di peta dan membandingkan langsung di lapangan," kata Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos.

Putranto menyampaikan peninjauan ini bertujuan untuk melihat daerah secara global dihadapkan dengan keadaan seluruh daerah yang akan digunakan. Sedangkan peninjauan medan bertujuan untuk memastikan keadaan sebenarnya di lapangan.

Ia melanjutkan, kegiatan ini melibatkan perwakilan warga setempat untuk mengetahui lokasi lahan bercocok tanam yang digunakan oleh masyarakat sekitar rahlat Puslatpur sehingga dapat meminimalisasi dampak kerusakan lahan yang diakibatkan pergerakan pasukan selama latihan.

Peninjauan Lokasi baturaja Sumatera 3

“Peninjauan ini juga kita maksimalkan dengan penggunaan teknologi Drone sehingga dapat dilihat dari berbagai sudut pandang yang membantu dalam pengambilan keputusan,” pungkasnya.

Dalam peninjaunan ini juga turut hadir Direktur Latihan Kodiklatad Brigjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr (Han), Danpuslatpur Kodiklatad Kolonel Inf Judi Paragina Firdaus, M.Sc, Pabanopslat Sdirlat Kodiklatad Kolonel Inf Suparlan Purwo Utomo.

Kemudian, hadir juga DanbrigifPR-17/K/1 Kostrad Kolonel Inf Marwan Supriyanto, Wadanyonif PR-330/TD Mayor Inf Wira serta Kasiops Brigif PR-17/K/1 Kostrad Kapten Inf Maulana. (*)

Pewarta : Joko Wiyono
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.