Berita

Setiap Ramadan, Masjid Kuno Kuncen Kota Madiun Ini Jadi Jujukan

Minggu, 18 April 2021 - 21:24
Setiap Ramadan, Masjid Kuno Kuncen Kota Madiun Ini Jadi Jujukan Masjid Nurhidayatulloh di Kelurahan Kuncen, Kecamatan Taman, Kota Madiun merupakan salah satu tempat bersejarah. (Foto: Romy Tri Setyo Wibowo/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MADIUN – Madiun memiliki banyak tempat bersejarah salah satunya adalah ​Masjid Kuno Kuncen. Tempat ibadah yang juga kerap disebut Masjid Nurhidayatulloh ini terletak di Kelurahan Kuncen, Kecamatan Taman, Kota Madiun.

Masjid yang diperkirakan dibangun pada abad ke-16 ini masih terlihat kokoh dan dalam kondisi baik.

mengaji-ngaji.jpg

Empat tiang utama yang terbuat dari kayu jati berukuran besar masih berdiri tegak dan terlihat sangat kuat. Ukiran yang terdapat pada tiang juga masih terlihat baik.

Di sebelah Masjid Kuncen tersebut terdapat makam-makam Bupati Madiun terdahulu. Yakni Ki Ageng Panembahan Ronggo Jumeno, Raden Mas Bagus Petak, Adipati Martoloyo, Adipati Balitar, dan Tumenggung Balitar Tumapel beserta keturunannya.

Masjid-Nurhidayatulloh-2.jpg

Setiap bulan Ramadan pengunjung masjid meningkat dibanding hari biasa. "Selain sholat berjamaah dan pengunjung bisa beristirahat sembari menikmati suasana di masjid ini," ujar Wardoyo salah satu pengelola Masjid Kuncen.

Menurut Wardoyo, setiap hari pengunjung masjid bisa mengikuti buka puasa bersama. Sedangkan setiap Kamis malam, masjid juga ramai dikunjungi warga yang ingin  ziarah makam. "Karena di zona hijau, aktivitas peribadatan di sini terbilang masih ramai," ungkap Wardoyo. (*)

Pewarta : Yupi Apridayani
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.