https://jatim.times.co.id/
Berita

Gempa Bumi Magnitudo 3.4 Guncang Pacitan

Senin, 18 September 2023 - 23:13
Gempa Bumi Magnitudo 3.4 Guncang Pacitan Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 3.4 mengguncang wilayah Pacitan, Jawa Timur. (Foto: BMKG)

TIMES JATIM – Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 3.4 mengguncang wilayah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Senin (18/9/2023).

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa ini terjadi pada pukul 22:54:44 WIB dan berlokasi sekitar 74 kilometer barat daya Pacitan, Jawa Timur, pada koordinat 8.85 LS dan 111.04 BT. Gempa ini juga memiliki kedalaman sekitar 32 kilometer.

Meskipun gempa ini tergolong kecil, namun dirasakan oleh warga sekitar. 

"Terasa meskipun sedikit, tapi sempat keluar rumah sambil lihat-lihat sekeliling," ujar warga Arjosari, Pacitan, Alfan Ansori. 

Belum ada laporan kerusakan atau korban akibat gempa ini. BMKG terus memantau situasi ini untuk memastikan tidak ada gempa susulan yang lebih besar.

Sebagai pengingat, gempa bumi adalah peristiwa alam yang tak terduga, dan penting bagi masyarakat Pacitan untuk selalu siaga dan memahami langkah-langkah keselamatan dalam menghadapinya. 

Semua pihak dihimbau untuk mengikuti informasi resmi dari BMKG dan otoritas setempat dalam situasi seperti ini.

Gempa bumi yang mengguncang Pacitan ini juga menjadikan kita untuk tetap siap dalam menghadapi potensi bencana alam.

Adanya sistem peringatan dini gempa bumi dan pelatihan evakuasi bencana menjadi kunci untuk mengurangi risiko dan melindungi nyawa serta harta benda masyarakat.(*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.