Berita

Kolaborasi dengan REI Jatim, DPRD Gresik Salurkan Bantuan ke Korban Banjir

Rabu, 01 Desember 2021 - 16:47
Kolaborasi dengan REI Jatim, DPRD Gresik Salurkan Bantuan ke Korban Banjir DPRD Gresik bersama perwakilan REI Jatim saat menyalurkan paket sembako ke warga (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, GRESIK – Berkolaborasi dengan Real Estate Indonesia atau REI Jatim, DPRD Gresik menyalurkan bantuan ke korban banjir luapan Kali Lamong Desa Deliksumber dan Sedapurklagen Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik pada Rabu (1/12/2021).

Bantuan pangan berupa beras dan mi instan serta tenda sebanyak 820 paket disalurkan langsung kepada warga terdampak banjir.

Ketua DPRD Gresik, M Abdul Qodir mengatakan, memang bantuan yang disalurkan ini tidak seberapa. Namun, setidaknya kegiatan ini merupakan upaya meringankan beban masyarakat.

Di hadapan warga dua desa menyampaikan permohonan maaf karena belum berbuat banyak dalam mencegah bencana banjir di Kecamatan Benjeng.

"Kami juga mohon maaf yang sebesar- besarnya karena belum mampu menuntaskan persoalan banjir tahunan," ucap Qodir yang didampingi tiga wakil ketua dewan, Ahmad Nurhamim, Nur Saidah dan Mujid Riduan, serta anggota dewan dari dapil Wringinanom-Kedamean, Khomsatun.

Pada kesempatan tersebut Qodir menyampaikan bahwa DPRD dan pemkab telah bertekad akan berupaya keras melakukan penanggulangan banjir Kali Lamong melalui penyediaan anggaran pada setiap APBD.

DPRD Gresik 2

Bahkan, kata dia pada P-APBD tahun ini ada anggaran sekitar Rp8 miliar untuk melakukan normalisasi dengan cara pengerukan dan pembelian alat berat.  "Dan, insya Allah pada APBD tahun depan anggarannya akan semakin besar bagi penanganan banjir Kali Lamong," tegas Qodir.

Menurut Qodir, pada prinsipnya DPRD Gresik akan mendukung berapapun anggaran yang dibutuhkan untuk penanggulangan banjir Kali Lamong, karena itu sudah sesuai dengan visi misi Bupati Gresik dalam program nawa karsa.

Terkait paket bantuan dari kalangan pengusaha REI kepada warga terdampak banjir, Qodir menyampaikan terima kasih dan apresiasinya. Karena di tengah kesibukan mereka masih juga memikirkan pemberian bantuan kepada warga korban banjir.

Qodir berharap kepada pemerintah daerah agar lebih memperhatikan para pengusaha yang masih perduli mengurusi warga yang terdampak banjir. 

"Ini bentuk sinergitas dari kalangan pengusaha yang perlu kita hargai. Jadi mereka perlu disuport, jangan dihambat dalam mengurusi ijin-ijin dan segala sesuatunya yang terkait dengan usaha mereka," harap Qodir yang diamini oleh para pengurus REI Komisariat Gresik yang ikut hadir.

Sementara itu, Camat Benjeng Suryo Wibowo mengungkapkan bahwa dari 23 desa di wilayah Kecamatan Benjeng, ada 8 desa yang menjadi langganan banjir akibat luapan Kali Lamong.

"Desa Deliksumber dan Sedapurklagen ini merupakan dua desa yang pertama kali terdampak banjir bila air Kali Lamong meluap. Karena memang posisinya berada di sisi Kali Lamong," ungkapnya usai menerima bantuan DPRD Gresik yang berkolaborasi dengan REI Jatim. (*)

Pewarta : Akmalul Azmi
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.