Berita

Berdayakan Potensi Kader, PMII Jombang Tampilkan Tari Giri Sholawat

Senin, 26 Oktober 2020 - 14:42
Berdayakan Potensi Kader, PMII Jombang Tampilkan Tari Giri Sholawat Tari Giri Sholawat yang ditampilkan Kader PMII Jombang pada acara seminar Hari Santri di Aula PC PMII Jombang. (foto: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JOMBANG – Berdayakan potensi kader Pengurus Cabang PMII Jombang mempersembahakan tari Giri Sholawat dalam acara yang seminar bertajuk Santri Melek Politik, Senin (26/10/2020). Acara ini di aula PC PMII Jombang ini merupakan rangkaian memperingati Hari Santri Nasional 2020.

Tari Giri Sholawat merupakan tarian yang berasal dari Kabupaten Gresik. Tarian ini  pernah diikutkan dalam Festival Karya Seni di tingkat Provinsi .

Tari Giri Sholawat adalah sebuah tarian yang menggambarkan proses perjalanan remaja untuk menapaki kehidupan yang diuntai dalam gerak ritmis dan musik yang dinamis serta lantunan sholawat dan pujian yang dipanjatkan pada ilahi robbi.

Tari Giri Sholawat b

Tarian Giri Sholawat ini ditampilkan oleh Atha Widya Hapsari dan Siti Nur Azizah yang berasal dari Rayon Fakultas Ilmu Kesehatan Komisariat Umar Tamim Unipdu Jombang. Mereka merupakan hasil binaan dari Kopri PMII Umar Tamim.

Nurul Malikhatun Nisa', Ketua Kopri PMII Umar Tamim mengatakan, ini merupakan suatu bentuk pemberdayaan minat dan bakat dari masing-kader. Khusus kader yang berminat, tari latihan digelar dua minggu sekali di Gedung Olahraga Unipdu Jombang. Jika ada tarian baru biasa ikut di sanggar tari Long Ayu yang berada di Sumbermulyo, Jogoroto, Jombang.

"Ini merupakan sebuah apresiasi bagi kader PMII Umar Tamim. Ada sekitar 55 kader yang mengikuti pelatihan tari ini, kuncinya dari keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras dan disiplin dari para kader yang giat untuk mengikuti latihan setiap minggunya," ungkap Nisa' kepada TIMES Indonesia.

M. Irkham, Ketua PC PMII Jombang menambahkan, selain dalam bidang seni budaya PMII Jombang juga memberdayakan potensi kader sesuai minat dan bakat dari masing-masing kader.

"Tak hanya bidang seni budaya, kita juga memberikan ruang dan kebebasan bagi setiap kader untuk menunjukan potesi yang dimiliki sesuai minat dan bakatnya. Seperti wirausaha, bisnis, politik, olahrga, akademisi dan sebagainya," katanya.

Tari Giri Sholawat c

Langkah ini merupakan salah satu wujud merubah maindset bahwa kader PMII tidak selalu terjun di dunia politik dan dikader sebagai kader politisi. Bahwa PMII mempunyai banyak peluang untuk bisa terjun didunia kerja sesuai dengan minat dan bakat dari masing-masing kader.

"PMII merupakan sebuah wadah bagi kader-kadernya untuk berproses dengan baik. Sehingga melahirkan tokoh-tokoh intelektual diberbagai bidang," jelasnya. (*)

Pewarta : Rohmadi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.