https://jatim.times.co.id/
Berita

Golkar Siap Bikin Poros Baru Usung Bayu Airlangga di Pilkada Kota Surabaya 

Kamis, 02 Mei 2024 - 17:04
Golkar Siap Bikin Poros Baru Usung Bayu Airlangga di Pilkada Kota Surabaya  (kiri-kanan) Ketua Golkar Jatim Sarmuji dan Ketua Projo Jatim Bayu Airlangga saat acara pertemuan di Kantor Golkar Jatim, Surabaya,

TIMES JATIM, SURABAYA – Golkar tengah berancang-ancang menyiapkan kadernya yakni Bayu Airlangga untuk diusung maju di Pilkada Kota Surabaya 2024. Golkar bahkan menyatakan siap berkoalisi dengan partai politik lain di Surabaya.

Ketua DPD Golkar Jatim M Sarmuji mengatakan Golkar memiliki 5 kursi di DPRD Kota Surabaya, sehingga perlu 5 kursi lagi untuk membuat poros baru.

"Kalau disambut oleh partai lain kami bisa mengusung. Karena kalau kami sendiri masih belum cukup kursi, mengingat jumlah kursi kami hanya 5 kursi di Surabaya," kata Sarmuji saat dikonfirmasi awak media, Kamis (2/5/2024).

Sarmuji mengatakan Golkar perlu berkoalisi dengan partai lain untuk menggenapkan total kursi menjadi 10 untuk mengusung Bayu yang juga merupakan Ketua DPD Projo Jatim ini.

"Kami butuh 5 kursi lagi untuk mengusung Mas Bayu," tandas Sarmuji.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Bidang Kaderisasi DPD Golkar Jatim, Aan Ainur Rofik menyebut Bayu sosok muda yang potensial untuk memimpin Kota Pahlawan 5 tahun ke depan.

"Bayu sosok muda, punya jejaring pemerintahan. Bayu juga memiliki visi dan misi ke depan ini, penting menjadikan Kota Surabaya sebagai pusat jasa dan perdagangan pasca perpindahan IKN," kata Aan.

Aan mengatakan Bayu punya pengalaman sebagai Anggota DPRD Jatim periode 2019-2024. Selain itu, Bayu juga memiliki relasi yang baik dengan tokoh-tokoh politik nasional.

Lebih lanjut, Aan berharap parpol yang berada di Koalisi Indonesia Maju dalam Pilpres 2024 bisa kembali bersama untuk mengusung calon di Pilkada Surabaya 2024.

"Tinggal duduk bersama dengan parpol Koalisi Indonesia Maju, dan saya yakin adanya semangat bersama untuk membawa Surabaya lebih baik ke depannya," tandas Aan.

Sebelumnya nama Bayu Airlangga yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPD Golkar Jatim masuk bursa cawali Surabaya 2024 menurut survei ARCI. Elektabilitas menantu Soekarwo (Pakde Karwo) itu berada di angka 8,7%. Bayu sendiri saat ini juga menjabat sebagai Ketua DPD Pro Jokowi (Projo) Jatim.

Dalam survei ARCI untuk calon wali kota (cawali) secara keseluruhan, elektabilitas Eri Cahyadi di angka 46,2%. Kemudian Armuji di angka 11,7%, Reni Astuti 9,2%, Bayu Airlangga 8,7%, Hendro Gunawan 7,1%, Musyafa' Rouf 4,2%, Lucy Kurniasari 4,1%, Adi Sutarwijono 2,7%, Cahyo Harjo 1,8%, Arif Fathoni 1,3%, Erik Komala 0,5, Agus Mashuri 0,3%. Ada 2,2% responden yang belum menentukan pilihan.

Berdasarkan hasil survei tersebut, Golkar tengah berancang-ancang menyiapkan kadernya yakni Bayu Airlangga untuk diusung maju di Pilkada Kota Surabaya 2024. Golkar bahkan menyatakan siap berkoalisi dengan partai politik lain di Surabaya. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.