https://jatim.times.co.id/
Berita

Maba FISIP Unira Malang Diperkuat Karakter dengan Outbound

Kamis, 12 September 2024 - 20:30
Maba FISIP Unira Malang Diperkuat Karakter dengan Outbound Mahasiswa baru FISIP Unira Malang dalam kegiatan outbound, yang menjadi rangkaian kegiatan PKKMB FISIP Unira Malang 2024/2025, di Sumbermaron, Pagelaran, Kabupaten Malang, Kamis (12/9/2024). (Foto: Amin/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Kegiatan outbound diikuti puluhan mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Raden Raden Rahmat (Unira) Malang, di kawasan wisata air Sumbermaron, Pagelaran, Kabupaten Malang, Kamis (12/9/2024). 

Dalam kegiatan outbound ini, mahasiswa banyak dikuat karakter positif dan kepemimpinan, yang dikemas dalam permainan seru dan rekreatif. Karakter yang diperkuat seperti kekompakan, komunikasi, kerja sama, dan kebersamaan antarmahasiswa. 

Muhammad Imron, selalu ketua panitia pelaksana mengungkapkan, kegiatan outbound ini rangkaian dari Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) untuk FISIP Unira Malang tahun ajaran 2024/2025. 

Sebelumnya, kata Imron, digelar kegiatan orientasi ilmiah bertema 'Adaptasi Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 untuk Mencetak Generasi Mutiara Bangsa', bertempat di Hall KH Moch Said Unira Malang. 

Dekan Fisip Unira Malang, Husnul Hakim Sy, M. H mengungkapkan, kuliah umum pada PKKMB tersebut digelar dengan harapan, mahasiswa mampu resilien pada peralihan peran dari siswa menjadi mahasiswa. Sehingga, nantinya dapat menjadi alumni yang bermanfaat bagi masyarakat.

FISIP-Unira-Malang-1.jpg

"Kita memulai dengan memperkenalkan kepada mahasiswa baru, terkait perubahan cara belajar mereka ketika di bangku SMA dan beralih ke proses belajar di bangku kuliah. Saya berharap seluruh mahasiswa FISIP Unira Malang dapat mengikuti perkembangan teknologi digital dalam implementasinya di dunia pendidikan," ujarnya. 

Husnul Hakim juga berharap, mahasiswa dapat mengamalkan kompetensi di sektor manapun, sesuai bidang ilmu masing-masing dengan tetap bijak menggunakan teknologi dan media sosial. 

"Setelah lulus nanti, mahasiswa dapat menjadi psikolog yang bermanfaat dan birokrat yang amanah dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai yang dikembangkan di Unira Malang yakni prakarsa khaira ummah", pesanya.

Kegiatan PKKMB FISIP Unira Malang ini juga diisi beberapa materi lain, seperti dasar adaptasi di bidang pendidikan yang disampaikan dosen Prodi Ilmu Pemerintahan, Dr. Dewi Ambarwati, M.H. Seperti pemanfaatan teknologi dalam pencarian referensi dan cara mengakses jurnal. 

Menurutnya, mahasiswa dihadapkan penguasaan tantangan implementasi teknologi di era saat ini, dengan harapan dapat merancang strategi solutif dalam menghadapi hal tersebut. 

Materi lainnya, berkaitan dengan motivasi diri yang disampaikan dosen Prodi Psikologi, Luthfiatuz Zuhroh., M.Psi., Psikolog. Materi ini tidak kalah penting untuk menumbuhkan dorongan semangat pada mahasiswa baru dalam mencapai cita-citanya nanti sampai lulus tepat waktu. (*) 

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.