https://jatim.times.co.id/
Berita

Bocah 3 Tahun di Banyuwangi Penuh Luka dan Memar, Diduga Jadi Korban Penganiayaan Ibu Tiri

Senin, 09 September 2024 - 14:22
Bocah 3 Tahun di Banyuwangi Penuh Luka dan Memar, Diduga Jadi Korban Penganiayaan Ibu Tiri Ilustrasi Penganiayaan. (foto; Getty Images)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Tubuh Muhammad Satrio, bocah 3 tahun di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, penuh luka dan memar. Diduga dia menjadi korban penganiayaan Heni Indriyani, si ibu tiri dan Eko Yoga Prasetyo, yang tak lain adalah ayah kandung sendiri.

Kasus yang mencoreng citra Banyuwangi, sebagai kabupaten layak anak ini mulai terkuak pada Jumat, 6 September 2024 lalu. Setelah sang ibu kandung, Marsinda Gabriliana, mendapat kabar dari tetangga, bahwa anaknya sering mendapat aksi kekerasan dari si ibu tiri.

“Begitu mendapat kabar, saya langsung menjemput anak saya. Tubuh anak saya penuh luka dan memar, lalu saya bawa ke Puskesmas Benculuk,” kata Marsinda, Senin (9/9/2024).

Saat dijemput, kondisi Satrio kecil cukup memprihatinkan. Kondisinya lemah, dengan badan penuh luka dan memar. Bahkan bagian kepala pun benjol-benjol. Punggung si bocah juga terdapat memar berbentuk telapak tangan.

“Ketika saya jemput, anak saya kondisinya sakit,” ungkap Marsinda.

Diceritakan, kisah pilu Satrio, bermula pada Mei 2024 lalu yakni saat Marsinda menyerahkan hak asuh buah hatinya pada Eko Yoga Prasetyo. Kala itu, dia terpaksa menyerahkan Satrio, yang masih berusia 3 tahun, lantaran sang bapak tidak pernah memberi nafkah. Padahal, memberi nafkah pada anak merupakan tanggung jawab seorang bapak kandung.

Mei 2024, Marsinda mengantar Satrio kecil ke rumah kontrakan Eko Yoga Prasetyo, di Dusun Simbar, Desa Tampo, Kecamatan Cluring. Eko si ayah kandung Satrio, tinggal bersama istri barunya, Heni Indriyani, yang sudah dikaruniai anak usia 1 tahunan. Eko dan Heni, sebenarnya warga Desa Benculuk, Kecamatan Cluring.

Dalam asuhan bapak kandung dan ibu tiri, dikabarkan Satrio sering mendapat perlakuan kasar. Tetangga kanan kiri rumah, kerap mendengar tangisan histeris menyayat hati keluar dari mulut si bocah.

Hingga akhirnya, pada Rabu, 4 September 2024, para tetangga bersama perangkat Desa Tampo, mendatangi Eko dan Heni. Keduanya diperingatkan untuk tidak lagi berbuat kasar pada Satrio yang masih berusia 3 tahun. Kedatangan warga bersama perangkat desa tersebut dipicu kondisi si bocah yang penuh luka dan memar disekujur tubuh.

“Itu kan sudah diperingatkan, tapi tetap saja anak saya masih mendapat perlakukan kasar,” ujar Marsinda.

“Yang tak habis pikir, perlakukan kasar itu bukan hanya dilakukan ibu tiri anak saya, tapi juga dilakukan di bapak kandung,” imbuhnya.

Karena kekerasan tak juga berhenti, warga pun memberi kabar kepada Marsinda. Dia yang bekerja di Gilimanuk, Bali, langsung pulang ke Banyuwangi dan menjemput si buah hati.

“Sebenarnya para tetangga ingin mengabari saya sejak beberapa waktu lalu. Namun hari Jumat, 6 September 2024, itu baru dapat nomor telepon saya,” ucap Marsinda bercerita.

Setelah mendapat perawatan di Puskesmas Benculuk, kondisi kesehatan Satrio mulai membaik. Bocah tak berdosa tersebut kini dibawa sang ibu kandung ke kediamannya di Desa Jajag, Kecamatan Gambiran.

Terkait perbuatan Eko dan Heni, menurut Marsinda, telah dilaporkan ke Polsek Cluring, Polresta Banyuwangi.

“Saya ingin ada keadilan untuk anak saya. Anak saya masih 3 tahun tapi mendapat perlakukan yang tidak manusiawi,” tandas Marsinda.

Kasus dugaan kekerasan terhadap anak dibawah umur ini masih dalam penanganan petugas Polsek Cluring, Polresta Banyuwangi. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.