https://jatim.times.co.id/
Berita

Cintai Lingkungan, Yuk! Terapkan Zero Waste di 1 Abad NU 

Minggu, 05 Februari 2023 - 14:58
Cintai Lingkungan, Yuk! Terapkan Zero Waste di 1 Abad NU  Ilustrasi - Mencintai lingkungan dengan budaya Zero Waste. (FOTO: cleanipedia)

TIMES JATIM, JOMBANG – Diperkirakan jutaan orang akan hadir dan ikut merayakan puncak 1 Abad NU (Nahdlatul Ulama) yang akan digelar di Stadion Delta Sidoarjo, Selasa (7/2/2023) mendatang. 

Tak bisa dipungkiri hadirnya juataan orang di kota udang tersebut diperkirakan juga membawa sampah yang menjadi masalah mendasar. Nah, untuk mengantisipasi dan mengurangi terjadinya tumpukan sampah yang tidak diinginkan. Maka budaya 'Zero Waste' bisa diterapkan bagi TIMES Lovers yang hendak pergi ke 1 Abad NU.

Seperti yang diketahui Zero Waster sendiri merupakan gaya hidup modern mendorong manusia untuk terus menerus membutuhkan banyak barang. Kita tidak sadar jika membeli barang sama aja menghasilkan sampah, apalagi barang sekali pakai. Aktivitas manusia semakin beragam setiap harinya dan semakin banyak juga barang dan produk yang dibeli, sehingga, sampah yang dihasilkan sudah melebihi dari kemampuan alam untuk menyerapnya. 

Penggunaan barang-barang sekali pakai saat ini seolah sudah tidak bisa terlepas dari kehidupan masyarakat. Kantong plastik bekas belanjaan, sendok makan plastik dari nasi kotak, sikat gigi plastik merupakan contoh kecil penggunaan barang-barang plastik dalam kehidupan sehari-hari. Barang-barang plastik pada akhirnya akan menjadi sampah tak terurai yang menggunung dan mengancam kondisi lingkungan. 

Oleh sebab itu, dalam beberapa tahun belakangan ini mulai diperkenalkan sebuah gerakan sosial yang bernama zero waste. Menurut zerowaste.id, zero waste adalah filosofi yang dijadikan sebagai gaya hidup demi mendorong siklus hidup sumber daya, sehingga produk-produk yang sudah ada dapat digunakan kembali dengan lebih maksimal. 

Berikut budaya Zero Waste bagi TIMES Lovers yang hendak mengikuti perayaan 1 Abad NU di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur.

1. Meminimalisir membawa kantong Plastik

2. Membawa kembali sampah yang dihasilkan diri sendiri

3. Membantu memungut dan membuang sampah ke tempatnya 

Itulah 3 budaya Zero Waste yang dapat diterapkan ketika berada dikeramaian seperti acara 1 Abad NU ntuk mengurangi sampah. Cukup mudah bukan? Yuk, budayakan Zero Waste di tempat keramaian. (*)

Pewarta : Rohmadi
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.