https://jatim.times.co.id/
Berita

Warga Tambak Asri Berharap BHS Kembali Jadi Wakil Rakyat di Senayan

Minggu, 05 Februari 2023 - 19:10
Warga Tambak Asri Berharap BHS Kembali Jadi Wakil Rakyat di Senayan BHS saat membumikan Gerakan Revolusi Putih Partai Gerindra kepada warga di Balai RW 09 Tambak Asri Kelurahan Morokrembangan Surabaya, Minggu (9/2/2023).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYA – Puluhan Warga Tambak Asri Kelurahan Morokrembangan Surabaya antusias menyambut kedatangan Ketua Dewan Penasehat DPD Partai Gerindra Provinsi Jatim, Bambang Haryo Soekartono (BHS).

Mereka sudah tidak asing lagi dengan sosok politikus sekaligus pengusaha transportasi laut tersebut. BHS kerap turun dan menggelontorkan program guna mendorong kesejahteraan warga setempat sejak bertahun-tahun lalu.

Bahkan karena BHS pula, angka stunting di kawasan ini mengalami penurunan signifikan. Maka tak heran jika BHS datang, ibu-ibu berada di garda paling depan melakukan penyambutan. Begitu pula dengan bapak-bapak. Kedekatan emosi antara masyarakat dengan BHS kental terasa. 

Lantas apa rahasia BHS sampai bisa membuat warga begitu menaruh harapan besar agar ia kembali duduk sebagai wakil rakyat di Senayan? 

Ketua RW 09 Kelurahan Morokrembangan Johan Tri Cahyono mengaku gerakan dan gebrakan BHS memberikan dampak positif bagi masyarakat.

BHS-2.jpgBHS mengajak masyarakat memberi asupan susu dan ikan bandeng kepada putra putri mereka guna mencegah stunting, Minggu (9/2/2023).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia) 

"Biasanya caleg-caleg hadir hanya lima tahun sekali, alhamdulillah Pak BHS hampir setiap tahun, kadang satu tahun dua kali itu mengunjungi RW 09," ucap Johan, Minggu (5/2/2023). 

Hasil kunjungan Anggota DPR RI periode 2014-2019 itu tak sia-sia. Wawasan dan arahannya mampu membawa perubahan. Antara lain penanganan stunting. BHS kerap mengatakan bahwa ikan bandeng memiliki nilai gizi paling tinggi jika dibandingkan ikan lain. Apalagi ikan tersebut mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional.

Ternyata sejak saat itu warga mulai rajin memasak ikan bandeng bagi putra putri dan keluarga mereka. 

"Alhamdulillah awalnya stunting kita ada lima anak sekarang jadi dua anak. Insya Allah dua ini cepat kok dengan gerakan Pak BHS," kata Johan. 

BHS telah berhasil membandengkan Morokrembangan menuju zero stunting. Selain itu, ia juga disebut aktif menanggapi berbagai permasalahan terutama yang berhubungan dengan keselamatan nyawa publik. Seperti saat demam berdarah mewabah, BHS mengirim Tim fogging BHS Peduli ke berbagai titik. 

"Dulu 2021 beliau ke sini sama fogging di RT-RT dan sosialisasi ikan bandeng," sambung Johan. 

Tak hanya itu saja. BHS, kata Johan, sangat respon dengan infrastruktur pelayanan. Kegiatan dan program seperti ini merupakan harapan warga. 

"Banyak sudah yang disumbangkan ke kami baik AC, rencana mau membangun Balai RW untuk senam lansia dan sebagainya. Jadi ini yang kita  butuhkan. Ketika warga punya aspirasi, beliau sangat responsif," tuturnya.

Gerindra-ajtim.jpgKetua DPC Partai Gerindra Surabaya Cahyo Harjo Prakoso, Minggu (9/2/2023).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia) 

Johan mewakili warga setempat berharap BHS dapat menjadi perwakilan suara mereka sebagai Anggota DPR RI. 

"Saya berharap beliau tetap jangan sampai sama seperti dewan yang lain. Persahabatan ini terus terjaga meskipun beliau nanti jadi Anggota DPR RI," ujar Johan. 

Ucapan Johan bukan omong kosong belaka. Karena pada hari itu BHS kembali berkesempatan hadir di tengah warga dan mengusung Gerakan Revolusi Putih dalam rangka HUT ke-15 Partai Gerindra. 

Gerakan ini bertujuan mengajak masyarakat gemar makan ikan dan minum susu, sebagai upaya membantu pemerintah menekan angka stunting di Indonesia khususnya Surabaya. Sekaligus untuk mendorong munculnya UMKM di bidang makanan sehat berkualitas.

“Jadi ini kita dorong untuk dimunculkan di sini dan kita fasilitasi nanti untuk pemesanan-pemesanan pada saat kita adakan event-event,” ucap BHS. 

Selain untuk memunculkan UMKM berkualitas, BHS menjelaskan bahwa gemar minum susu juga merupakan program Gerakan Revolusi Putih Partai Gerindra yang diketuai Prabowo Subianto dan menjadi pergerakan massif dalam menekan angka stunting.

“Sehingga stunting yang ada di Indonesia yang sekarang ini jumlahnya cukup besar, juga di Surabaya masih banyak ini bisa diminimalisir paling tidak, syukur kalau bisa dihilangkan,” harap BHS.

BHS menaruh harapan apabila Prabowo diberikan amanah menjadi pemimpin Indonesia, maka gerakan Revolusi Putih di semua wilayah ini akan berhasil menghilangkan stunting dan kesejahteraan masyarakat bakal tercapai.

“Semua wilayah bergerak semua untuk memberikan makan ikan bandeng gratis kepada masyarakat dan gerakan minum susu," tandasnya. 

Menurut BHS, bandeng memiliki kandungan Omega 3 paling tinggi sebesar 14,6 persen. Angka itu mengungguli kandungan omega ikan salmon yang hanya sebesar 2,6 persen. 

"Jadi ikan laut itu kalah sama bandeng. Dan Indonesia adalah penghasil bandeng terbesar di dunia. Ada tiga negara penghasil bandeng, Indonesia, Filipina sama Taiwan,” urainya.

Di tempat yang sama, Ketua DPC Partai Gerindra Surabaya Cahyo Harjo Prakoso menerangkan, Gerakan Revolusi Putih ini konsisten dijalankan BHS untuk mengajak masyarakat gemar makan ikan dan minum susu. Dan ke depannya akan dicanangkan ke semua Kecamatan di Kota Pahlawan agar stunting karena faktor ekonomi maupun akibat jajan sembarangan dapat dikurangi.

“Sekarang anak-anak itu tidak mengonsumsi ikan atau susu, tapi juga karena faktor jajanan, faktor media sosial yang akhirnya anak-anak sekarang itu lebih suka jajanan praktis, instan yang tak bergizi. Padahal seperti kita ketahui masa depan negara dan bangsa itu ada di anak-anak kita, ada di cucu kita,” terang Cahyo. 

Selain menggalakkan gemar makan ikan dan minum susu, DPC Gerindra Surabaya juga akan menggeber kegiatan menyukai makanan sayur untuk mewujudkan 4 sehat 5 sempurna.

“Itu penting karena kondisi sekarang mencanangkan gerakan 4 sehat 5 sempurna itu sudah turun. Program-program untuk mencapai kesehatan untuk masyarakat menurun,” ucap Cahyo.

Sukarni, salah seorang warga Tambak Asri yang meraih juara 1 lomba makanan sehat merasa senang lingkungannya diperhatikan Gerindra Surabaya dan BHS untuk mewujudkan warga sehat.

“Kita ini malah semangat, terus selalu dapat perhatian dari Pak Bambang. Mudah-mudahan Pak Bambang Haryo Soekartono (BHS) semakin memperhatikan kita juga sama Surabaya. Mudah-mudahan jadi dewan yang amanah,” tutut Sukarni.(*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.