Berita

Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo Empat Ijazah Palsu Milik Bacakades

Rabu, 01 Desember 2021 - 13:30
Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo Empat Ijazah Palsu Milik Bacakades Suasana halaman depan Dispendik Kabupaten Probolinggo. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PROBOLINGGO – Tahapan pilkades serentak 253 desa di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, terus bergulir. Selama tahapan itu, pihak Dinas Pendidikan (dispendik) setempat temukan sejumlah ijazah asli tapi palsu (aspal) dari bakal calon kepala desa (bacakades).

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi menyampaikan, selama bergulirnya tahapan tersebut, pihaknya menemukan sejumlah ijazah aspal yang disodorkan oleh para bacakades.

Temuan itu didapatinya ketika para bacakades, kata dia, hendak mengajukan legalisir ijazah. Ada sebanyak empat ijazah dari bacakades yang ditemukan aspal.

"Saat melakukan lagalisir dari bacakades itu, kami temukan sejumlah ijazah yang menjanggal, asli tapi palsu," katanya, Rabu (1/12/2021).

Ia menjelaskan, ijazah aspal tersebut memang benar berupa ijazah asli. Dilihat dari bentuk dan kualitas kertasnya sama persis dengan ijazah pada umumnya.

Namun, lanjut dia, nomor seri dari ijazah tersebut tidak terregistrasi atau tidak terdaftar dalam data base yang ada. Sehingga ijazah tersebut disebut dengan ijazah aspal.

Dengan temuan itu, masih kata Rozi, pihaknya sudah menyarankan para pemilik ijazah untuk tidak meneruskan niatnya. Sebab, lambat laun ijazah tersebut akan terungkap dan menjadi soal sejumlah pihak.

“Kami tidak menyarankan untuk meneruskan niat pemilik ijazah itu untuk menggunakannya sebagai syarat dalam pendaftaran bacakades pada Pilkades serentak tahap II ini,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemkab Probolinggo akan menggelar Pilkades serentak yang diikuti oleh 253 desa. Saat ini tahapan tersebut sudah masuk pada tahap verifikasi berkas.  Legalisir ijazah merupakan salah satu syarat untuk tahapn pendafataran bagi bacakades. (*)

Pewarta : Abdul Jalil
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.