https://jatim.times.co.id/
Berita

Peningkatan Debit Air Sungai Ancam Banjir di Dusun Krajan, Kutorenon, Lumajang

Jumat, 19 April 2024 - 09:07
Peningkatan Debit Air Sungai Ancam Banjir di Dusun Krajan, Kutorenon, Lumajang Dusun Krajan, Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, air mulai menggenang di jalan. (Foto: Tangkapan Layar)

TIMES JATIM, LUMAJANG – Sejumlah sungai di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami peningkatan volume air akibat hujan lebat yang terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Diantaranya, Sungai Menjangan, mengalami peningkatan volume air yang dapat menyebabkan potensi banjir di Dusun Krajan, Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono.

Menurut Kepala Desa Kutorenon, Faisal Rizal, meskipun belum sampai ke rumah warga, air sungai mulai meluap ke jalan di Dusun Krajan.

"Sudah meluap ke jalan mas, tapi belum masuk ke rumah warga. Semoga lekas surut," ucap Faisal, Kamis (18/04/2024) malam, dilansir dari lumajangsatu.com.

Di Dusun Biting, situasi masih terkendali karena debit air di Sungai Bondoyudo tidak mengalami peningkatan.

Namun, peningkatan debit air di Bondoyudo bisa menghalangi aliran air dari selatan dan berpotensi menyebabkan banjir di pemukiman.

Dusun Krajan kerap kali menjadi langganan banjir setiap musim penghujan tiba.

"Di Biting aman mas, karena debit air di Sungai Bondoyudo tidak meningkat sehingga air dari selatan lancar dan tidak ada penyumbatan," tambahnya.

Pihak desa berharap bisa melakukan normalisasi serupa seperti yang dilakukan di Dusun Biting agar Dusun Krajan tidak lagi terkena banjir saat musim hujan. (*)

Pewarta : Ryan Haryanto
Editor : Ryan Haryanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.